Selayang Padang Candi-Candi di Yogyakarta

Judul                    : Selayang Padang Candi-Candi di Yogyakarta

Edisi                    : Edisi Cetakan Keenam, Oktober 2019

Penerbit               : Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta

Unduh                 : Selayang Padang Candi-Candi di Yogyakarta

     Penerbitan buku “Selayang Pandang Candi-candi di Yogyakarta” dimaksudkan untuk mengenalkan tinggalan budaya yang megah dan indah serta bernilai tinggi di Yogyakarta, yang keberadaanya sangat penting untuk diketahui baik oleh kalangan pelajar, mahasiswa, pemerhati budaya, maupun masyarakat pada umumnya.

     Bangunan-bangunan candi sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Sleman merupakan hasil budaya abad VIII – X Masehi (masa klasik) mencerminkan karya arsitektural yang monumental. Candi-candi dan arca yang terkait dengan bangunan tersebut bercorak Hindu – Buddha, hal ini menunjukkan adanya pengaruh sosial – budaya dan terutama religi dari India pada masa klasik.

     Melaui buku ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap tinggalan budaya masa lalu, khususnya yang berwujud candi, sehingga kita dapat memahami kehidupan masyarakat pendukungnya pada masa lalu. Untuk selanjutnya dengan bertambahnya pengetahuan tentang nilai pentingnya warisan budaya bangsa, diharapkan masyarakat berpartisipasi melestarikannya.

Tinggalkan balasan