Ragam Kedalaman Kolam Pemandian di Situs Ratu Boko

0
389
Pengukuran kedalaman pada salah satu kolam di Situs Ratu Boko oleh tim Balai Pelestarian Cagar Budaya D.I. Yogyakarta.

    Halo! Sahabat Cagar Budaya! Tetap semangat meski sedang berjuang di tengah wabah Covid-19. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri ya! Baiklah, pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan sebuah informasi mengenai Kolam Pemandian Situs Ratu Boko. Apakah di antara Sahabat Cagar Budaya ada yang pernah berkunjung ke Situs Ratu Boko? Jika Sahabat ada yang pernah berkunjung ke sana, pasti tahu kolam pemandian Situs Ratu Boko yang berada di sisi belakang situs tersebut.

Kolam Pemandian Situs Ratu Boko (Dok. BPCB DIY)

    Situs Ratu Boko memiliki daya tarik yang cukup tinggi, sehingga tidak pernah sepi dari pengunjung. Situs Ratu Boko berada di atas perbukitan dengan ketinggian 195,97 mdpal,  di sebelah selatan Prambanan tepatnya di Dusun Sambirejo dan Dusun Dawung, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Situs Ratu Boko merupakan satu-satunya situs permukiman masa klasik terbesar yang ditemukan di Jawa bagian tengah. Situs Ratu Boko terdiri atas beberapa bangunan, salah satunya yaitu kolam pemandian di kelompok Keputren.

Penampakan Situs Ratu Boko dari Atas (Dok. BPCB DIY/ oleh L. Pramanta K.)

    Bangunan kolam pemandian di Situs Ratu Boko berjumlah 34 kolam. Masing-masing kolam kedalamannya yang berbeda-beda. Pada Februari 2020, tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pengukuran kedalaman masing-masing kolam, baik di sisi utara maupun sisi selatan.

Pengukuran kedalaman pada salah satu kolam di Situs Ratu Boko oleh tim Balai Pelestarian Cagar Budaya D.I. Yogyakarta (menggunakan galah dan meteran)

    Berikut peta kedalaman masing-masing kolam air pemandian Situs Ratu Boko yang telah diukur.

Peta Kedalaman Kolam Pemandian Situs Ratu Boko (Dok. BPCB DIY/ oleh L. Pramanta K.)

    Nah, Sahabat Cagar Budaya, setelah mengetahui data kedalaman kolam di atas, maka perlu meningkatkan kewaspadaan apabila berkunjung ke Situs Ratu Boko, khususnya pada saat berada di sekitar kolam pemandian. Tujuannya agar keselamatan kita tetap terjaga. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat Sahabat Cagar Budaya menjadi takut untuk berkunjung ke Situs Ratu Boko. Kalian tetap bisa menikmati dan mempelajari semua area di Situs Ratu Boko asalkan mematuhi peraturan yang ada di sana.

    Oke, Sahabat Cagar Budaya, demikian informasi yang kami bagikan. Semoga bermanfaat ya! Keep spirit and enjoy your time! See you!

Penulis: Septiani Emdrawati

Editor : R. Wikanto Harimurti

Referensi:

BPCB DIY. 2014. Situs Ratu Boko.

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/selayang-pandang-tentang-situs-ratu-boko/. Diakses pada pukul 11.07 WIB tanggal 9 Maret 2020.

Tinggalkan balasan