Pusaka Aksara Yogyakarta

Judul                    : Pusaka Aksara Yogyakarta

Edisi                    : Cetakan Kedua Tahun 2015

Penerbit               : Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta

Unduh                 : Pusaka Aksara Yogyakarta

 

     Penerbitan buku “Pusaka Aksara Yogyakarta, Alih Aksara dan Alih Bahasa” merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan koleksi Benda Cagar Budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya berupa prasasti kepada masyarakat luas.

     Koleksi prasasti yang diterbitkan dalam bentuk buku ini memuat informasi tentang prasasti yang ditemukan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terbuat dari bahan batu, perunggu, tembaga dan emas. Prasasti merupakan media komunikasi “tempo dulu” yang dituliskan di atas bahan batu, logam, kayu dan gerabah, merupakan sebuah keputusan resmi dari raja berisi penetapan suatu desa menjadi sima (perdikan), pendirian bangunan suci, ketentuan pajak, ataupun penyelesaian hukum, dan lain-lain.

     Buku ini mengajak pembaca untuk menyelami kehidupan masa lampau, sehingga dapat memperkaya pemahaman masyarakat tentang kehidupan nenek moyang. Dengan demikian, ke depannya diharapkan masyarakat dapat berperan serta dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa.

Tinggalkan balasan