Katalog Koleksi Emas

Judul                    : Katalog Koleksi Emas

Edisi                    : Cetakan Pertama Tahun 2015

Penerbit               : Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta

Unduh                 : Katalog Koleksi Emas

 

     Penerbitan Katalog Koleksi Emas Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan salah satu bagian dari upaya penyelamatan data koleksi benda cagar budaya. Dari awal keberadaan kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta sampai dengan saat ini, koleksi emas yang ada belum pernah dikompilasikan ke dalam sebuah buku katalog. Oleh karena itu, informasi tentang koleksi emas masih sangat langka, sehingga merupakan sesuatu yang ditunggu oleh pemerhati, mahasiswa, pelajar, masyarakat umum dan penggiat pelestarian cagar budaya.

     Koleksi emas sebagai salah satu benda koleksi, pada dasarnya mempunyai banyak informasi yang masih perlu dilakukan penggalian dan penelusuran serta megandung nilai-nilai budaya yang adiluhung. Nilai-nilai tidak hanya apa yang tersirat secara simbolik, namun juga berisi tentang apa yang tersurat dalam bentuk tulisan-tulisan yang mempunyai nilai penting bagi aspek kesejarahan serta arkeologi.

     Melalui katalog ini diharapkan masyarakat luas dapat mempelajari serta mengkaji berbagai macam koleksi benda cagar budaya emas yang mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia pada masa Mataram Kuno khususnya era abad VIII sampai X Masehi. Dalam konteks internalisasi budaya, maka buku ini diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran tentang aspek-aspek pelestarian benda cagar budaya bangsa.

Tinggalkan balasan