Kolese St. Ignatius

0
151
FOTO.DOK BPCB DIY.2007

        Kolose St. Ignatius adalah tempat pendidikan para Imam Yesuit. Kegiatan keagamaan umat Katolik di kawasan Kotabaru pada awalnya dilakukan di rumah Tuan Perquin (sekarang depan Masjid Syuhada). Pada perkembangannya mendirikan Kolese St. Ignatius (Kolsani) pada 18 Agustus 1922 dan selesai dibangun pada 18 Pebruari 1923 dengan pemberkatan oleh Rama J. Hoeberecht Sj.

      Bangunan ini mulai digunakan untuk aktivitas pada 16 Juni 1923. Pada saat itu umat Katolik di kawasan Kotabaru melaksanakan ibadahnya di Kapel Kolsani ini. Pada masa pendudukan Jepang banyak para biarawan, biarawati, dan pastur dimasukkan ke kamp – kamp Interniran. Saat itu Kolsani menjadi tempat penampungan orang – orang interniran, Seminari Tinggi menjadi kantor tentara Jepang, dan Gereja St. Antonius digunakan sebagai gudang. Pada tahun 1946-1949 dipergunakan sebagai gedung Kementerian Pertahanan.

      Bangunan menghadap ke arah selatan tepat di tengah – tengah Gedung Seminari dan Gereja St. Antonius dengan cat warna abu – abu. Arsitektur  bergaya indis. Bangunan digunakan sebagai toko buku rohani. Bangunan ini ditetapkan sebagai cagar budaya dengan Per.Men Budpar RI No. PM.89/PW.007/MKP/2011. Kolese St. Ignatius terletak di Jalan Abubakar Ali  No. 1 Kotabaru, Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR