Monitoring dan Evalusi Keterawatan Cagar Budaya di Keraton Kesultanan Sambas

0
1385

Pada tanggal 25 Januari 2017 hingga 3 Februari 2017 staf dari BPCB Kalimantan Timur, yaitu Fithriani Jamaluddin, S.S; Triza Galih Gumilang, S.T dan Jely Nurita, S.Si melakukan perjalanan dinas dalam rangka melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi keterawatan Cagar Budaya di Keraton Kesultanan Sambas. Kegiatan dilaksanakan di Keraton Kesultanan Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan dimulai dengan melakukan koordinasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan di Keraton Kesultanan Sambas dengan Bpk. Kusnedi, S.E selaku Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Selain dilakukannya koordinasi dengan Bpk. Kusnedi, S.E, dilakukan juga koordinasi dengan Bpk. Daeng Rahmadi selaku Juru Pelihara Keraton.

Koordinasi dengan Bpk. Kusnedi, SE
Koordinasi dengan Juru Pelihara Keraton a.n. Daeng Rahmadi bersama Bpk. Kusnedi, SE

Setelah dilakukannya koordinasi, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan identifikasi dan observasi, serta pendokumentasian terhadap kerusakan yang terdapat pada banguan keraton. Adapun kerusakannya yaitu kerusakan atap sirap, kerusakan plafond asbes, kerusakan talang air dan kerusakan pipa air. Penyebab kerusakan selain faktor cuaca/iklim juga dikarenakan faktor usia bangunan. Selain dilakukannya identifikasi dan observasi oleh tim, dilakukan juga wawancara dengan Juru Pelihara tentang bangunan keraton dan untuk mengetahui ketersediaan bahan bangunan.

Survey kondisi bangunan keraton
Pendataan titik-titik kerusakan bangunan
Kerusakan pada atap sirap
Pendokumentasian kerusakan atap sirap

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan koordinasi dengan Bpk. Yoelyanto, S.T selaku Kepala Seksi Penataan dan Pemeliharaan Bangunan Bidang Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat mengenai analisis harga satuan bahan bangunan dan upah pekerja.

Koordinasi dengan Bpk. Yoelyanto selaku Kepala Seksi Penataan dan Pemeliharaan Bangunan Bidang Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum, Kab. Sambas

Setelah dilakukan koordinasi dan mendapat verifikasi harga kewajaran dari rancangan anggaran biaya yang dibuat terkait kerusakan yang ada di keraton, selanjutnya tim melakukan survey ketersediaan bahan bangunan.

Survey ketersediaan dan harga bahan bangunan di pasar

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan konsultasi dan penyerahan hasil analisis kewajaran harga satuan bahan bangunan dan upah kerja dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sambas, serta dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.

Konsultasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
Koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

TINGGALKAN KOMENTAR