Rumah Adat Rumbang Rongas Lamandau

0
927

Rumah Rumbang Rongas secara administratif berada di Jalan Tjilik Riwut, RT 3 Desa Kudangan Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah.

Rumah Adat Rumbang Rongas memiliki kesamaan dengan Rumah Adat Gadang Sumatera Barat yaitu pada bagian atap yang melengkung seperti tanduk kerbau. Menurut hasil wawancara dengan Bapak Silvanus Yamaha (Demang di Kecamatan Delang) kemiripan rumah adat ini karena pernah memiliki hubungan dengan Kerajaan Pagaruyung dan pemilik rumah adat ini merupakan keturunan terakhir dari Patih Nan Sebatang.

Rumah Adat Rumbang Rongas pada awalnya lokasi dekat dengan Rumah Adat Rumbang Perak sekitar 300 meter dari lokasi sekarang. Rumah ini dibangun oleh Bapak Culo Linyar pada tahun 1949. Bapak Culo Linyar merupakan keturunan dari Patih Nan Sebatang selain itu beliau juga tokoh adat di Desa Delang. Salah satu syarat seorang tokoh adat yaitu memiliki rumah adat sebagai tempat tinggal. Sekarang rumah ini berlokasi dekat dengan Rumah Adat Bintang Timur.

Rumah Adat Rumbang Rongas bahan utama menggunakan kayu ulin, mulai dari tiang penyangga sebanyak 33 buah, lantai, dan dinding. Rumah ini memiliki 2 pintu masuk yaitu pada bagian depan dan belakang rumah serta jendela di dinding sebelah barat bagian sisi barat. Awalnya dinding bangunan ini terbuat dari kulit kayu tetapi sekarang sudah diganti dengan papan. Lantai dari rumah adat ini terbuat dari papan yang dilapisi dengan tikar dan terdapat hiasan ukiran sederhana pada kayu yang berada di tengah tengah lantai. Pada bagian dalam rumah tidak terdapat pembagian kamar, hanya saja terdapat ruangan kecil yang dimanfaatkan sebagai ruang tidur. Keseluruhan bahan atap bangunan menggunakan penutup sirap dari kayu ulin dan pada ujung atas bagian depan terdapat hiasan kepala burung enggang dan hiasan ekor pada bagian belakang.

Pada tahun 2005/2006 Rumah Adat Rumbang Rongas mendapat bantuan dari Dinas Kabupaten Kotawaringin Barat untuk kegiatan penataan lingkungannya (pagar). Sarana dan prasarana rumah ini cukup lengkap, seperti jalan  menuju rumah, kamar  mandi yang masih difungsikan dan  alat-alat kebersihan. Akan tetapi kondisi lingkungan kurang terawat dan perlu diadakan penataan tanaman sehingga lingkungan bersih.