Situs Kumitir

0
709

Temuan struktur Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, berawal dari viralnya berita di media sosial tentang adanya aktivitas pembongkaran struktur yang diduga sebagai objek yang memenuhi kriteria cagar budaya. Informasi yang diberitakan berupa foto aktivitas pembongkaran sebuah struktur bata kuno yang dilakukan sekelompok orang.

Saat dilakukan peninjauan di lokasi tersebut, sekaligus juga dilakukan survei di sekitar lokasi kejadian menunjukkan bahwa struktur yang dirusak merupakan bagian dari kompleks atau kawasan yang lebih luas. Terdapat sebaran tinggalan arkeologi berupa struktur dan benda-benda lainnya juga memenuhi kriteria cagar budaya dalam radius 250 m di sekitar lokasi kejadian. Struktur tersebut berada di dua dusun yang berbeda atau berada di perbatasan. Struktur bata yang telah rusak berada di Dusun Kumitir sedangkan struktur lainnya berada di sebelah barat makam Dusun Bendo

Situs Kumitir ini meliputi beberapa temuan tinggalan arkeologi berupa struktur bata, blok batu, antefik dan umpak. Struktur bata tersebut diduga merupakan peninggalan pada masa Majapahit yang mengindikasikan sebuah permukiman kuno (Lap. Inventarisasi Kab.Mojokerto Tahap II)

TINGGALKAN KOMENTAR