SDN I Besuki

0
1265

Sekolah yang terletak di Jalan Tanjung No. 1 Besuki ini masih berada dalam kawasan kota lama Besuki dengan beberapa bangunan kuno yang terdapat di sekitarnya. Antara lain bekas Kantor Pos dan Telegraf Besuki serta bekas penjara lama. Lokasinya juga terhitung dekat dengan bangunan-bangunan yang menjadi pusat administratif Besuki di masa lalu seperti kantor residen Besuki serta kantor kawedanan yang kini menjadi SMAN I Besuki.

SD Negeri I Besuki diyakini berdiri sejak 22 September 1852, dulu masyarakat Besuki mengenalnya sebagai SR (Sekolah Rakyat) Putra. Tanggal tersebut didapat dari sebuah catatan lama buku induk siswa yang kini masih disimpan di sekolah tersebut tetapi masih belum dapat diketahui secara pasti apakah waktu itu adalah tanggal berdirinya bangunan sekolah SDN I Besuki atau tanggal sekolah pertama yang terdapat di Besuki.

Catatan dalam buku induk itu meyebutkan bahwa mulai ada sekolah di Besuki sejak 1852. Pada April 1881 sekolah tersebut sempat pindah ke tempat yang baru, sebelum akhirnya kembali lagi ke tempat yang lama pada 1904. Tetapi buku induk itu mencantumkan nama murid yang mendapat nomor induk satu adalah atas nama Sarma yang masuk pada 1 September 1886 pada usia 10 tahun. Dia adalah anak dari Djajadirdja, seorang petugas penjara Besuki.

Bangunan beberapa kali ini pernah mengalami pemugaran. Sebagian unsur bangunannya tidak lagi asli, meskipun bentuk bangunannya masih diipertahankan. Genteng, alas lantai dan plafonnya sekarang ini merupakan unsur baru hasil perbaikan. (Lap. Keg. Inventarisasi ODCB Bangunan Kolonial Kab. Situbondo, 2016)

            Catatan lama di buku induk siswa