Rapat Koordinasi Pelestarian Situs Pendem Kota Batu

0
365

Pada tanggal 25 Februari 2020, Andi Muhammad Said, M.Hum. selaku Kepala BPCB Jawa Timur menerima kunjungan Winarto Ekram selaku Kepala Bidang Kebudayaan dan Noerad AP selaku Kasie Sejarah dan Purbakala, Dinas Pariwisata Kota Batu. Pertemuan tersebut dilakukan di ruang kepala BPCB Jawa Timur.

Kunjungan Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Batu tersebut ditujukan untuk membahas langkah-langkah strategis yang sekiranya akan ditempuh guna pelestarian Situs Pendem. Hal ini untuk menindaklanjuti penemuan bangunan candi di Situs Pendem hasil kegiatan ekskavasi yang telah dilakukan oleh BPCB Jawa Timur pada tanggal 7-16 Februari 2020.

Dalam pertemuan tersebut, Andi Muhammad Said menyampaikan perlunya Pemerintah Kota Batu untuk mengagendakan kajian lanjutan di Situs Pendem untuk mengetahui batas-batas keruangan arkeologis di Situs Pendem, yang nantinya akan digunakan sebagai dasar rekomendasi tidak hanya bagi aspek pelindungan Situs Pendem sebagai cagar budaya, namun juga bagi langkah-langkah pemanfaatan Situs Pendem ke depan bagi masyarakat.

Terkait dengan itu, dalam waktu dekat, BPCB Jawa Timur juga telah berencana untuk melakukan audiensi dengan Walikota Batu untuk mempresentasikan hasil kegiatan ekskavasi yang telah dilakukan di Situs Pendem dan memberikan beberapa rekomendasi terkait aspek pelestarian Situs Pendem kepada pihak Pemkot Batu. Selain itu, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah perlu segera dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang arti penting Situs Pendem bagi Kota Batu. Dengan demikian diharapkan masyarakat juga dapat berperan aktif dalam melestarikan Situs Pendem. (Wicaksono)