Kajian Teknis Pemugaran Candi Gambar Wetan

0
412

Candi Gambar Wetan secara administrasi terletak di perkebunan Gambar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Berdasarkan aspek keruangan, Situs Candi Gambar Wetan terdiri dari 3 halaman yang dibatasi dengan struktur tangga dan pagar. Dalam setiap halaman terdapat struktur berbentuk batur. Secara umum struktur candi gambar wetan tersusun dari batu andesit. Letak situs Candi Gambar Wetan berada di bibir tebing sebelah utara dari Sungai Lahar, sehingga berpotensi mengalami longsor. Kondisi struktur sebagian besar telah nampak diatas permukaan tanah, akan tetapi terdapat bagian struktur yang hilang. 

Dalam kegiatan Kajian Teknis Pemugaran Situs Candi Gambar Wetan yang dilaksanakan mulai tanggal 19 kemarin hingga empat hari ke depan dengan personil tujuh orang ini dipimpin Nonuk Kristiana melakukan pengumpulan data arsitektural, data struktural, data keterawatan dan data lingkungan, sehingga dapat dilakukan analisa data kondisi aktual Situs Candi Gambar Wetan.

Pengumpulan data keterawatan Candi Gambar Wetan

Hasil analisa data menjabarkan tentang bentuk arsitektur Candi Gambar Wetan, permasalahan struktural dan penanganannya, permasalahan perawatan dan penangannnya serta langkah penataan lahan di Situs Candi Hambar Wetan.

Kegiatan pengumpulan data hasil testpit

Berdasarkan hasil analisa tersebut akan direkomendasikan langkah penanganan kerusakan arsitektural, struktural, keterawatan dan lingkungan yang ada di Situs Candi Gambar Wetan. Selain itu juga dijabarkan langkah pemugaran yang dilengkapi gambar data, gambar rekonstruksi dan gambar perencanaan.(Norfadilatussafiah)

Diskusi rencana kegiatan
Pengukuran kemiringan struktur candi gambar wetan

TINGGALKAN KOMENTAR