PERINGATAN HUT PURBAKALA KE 111th

0
77

Tanggal 14 Juni 2024 adalah peringatan Hari Purbakala ke-111 tahun. Dalam merayakan hari bersejarah tersebut, seluruh pegawai Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI mengikuti kegiatan jalan santai, pembagian voucher berhadiah, dan kegiatan sosialisasi hasil pengujian bata kuno dan bata pengganti pada Cagar Budaya. Kegiatan jalan santai dilaksanakan tepat pukul 08.30 WIB, ketika matahari pagi terlihat cerah menyinari sepanjang kantor menuju Candi Brahu. Dalam kegiatan jalan santai juga dibagikan voucher berhadiah yang akan diundi di lokasi finish, yaitu di Pendopo Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI.

            Usai pembagian hadiah lawang (doorprize), kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan semua Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK). Kegiatan juga dihadiri beberapa pegawai purna tugas dari tim kerja Pemugaran. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi pengujian bata kuno dan bata pengganti pada Cagar Budaya yang disampaikan oleh tim kerja pemeliharaan Cagar Budaya Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI, yaitu Ira Fatmawati dan Lathiful Qulub.

            Sosialisasi hasil pengujian bata kuno dan bata pengganti pada Cagar Budaya dilaksanakan dengan maksud memberi wawasan kepada seluruh pegawai Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI untuk menyusun formula pembuatan bata pengganti Cagar Budaya dengan kualitas sama atau lebih tinggi dari bata kuno. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh data komposisi, serta karakteristik bata kuno dan pengganti dengan uji sifat kimia dan fisik, serta petrografi mineral. Penelitian ini dilaksanakan dengan melaksanakan pengambilan sampel dan pengujian sapel pada Candi BAngkal, Situs Kumitir, Situs Watu Kucur, Candi Sanggrahan, dan Candi Jabung.Dalam peneltiian ini dilaksanakan uji kuat tekan, uji densitas dan porositas, uji SEM, uji XRF, Uji XRD, dan Uji Petrografi. (LF)