Explorasi Koleksi di Museum Majapahit

0
807

Benda Cagar Budaya adalah benda alam dan/atau benda buatan manusia baik bergerak maupun tidak bergerak, berupa kesatuan atau kelompok atau bagiam-bagiannya, atau sisa-sisanya yang memiliki hubungan erat dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan manusia.

Museum Majapahit yang terletak di Desa Trowulan Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Museum ini adalah museum arkeologi yang menyimpan berbagai koleksi benda cagar budaya yang sebagian besar berasal dari peninggalan Kerajaan Majapahit. Museum Majapahit memiliki lebih dari 88.000 koleksi benda cagar budaya yang dapat diklarifikasikan berdasarkan bahannya yaitu bahan batu andesit, batu putih, terakota, porselin, logam, kayu dan fosil.

Maksud dan kegiatan Explorasi koleksi adalah untuk mencari informasi tentang koleksi Museum Majapahit, sehingga dapat dimanfaatkan lebih lanjut. Tujuan kegiatan untuk mendeskripsikan data yang terkait dengan koleksi yang di eksplorasi. Pokok bahasan dalam kegiatan kali ini adalah koleksi yang terkait dengan “Surya Majapahit sebagai Karya Seni Khas Majapahit” dan “Nisan Tralaya”. Sehingga nantinya yang memiliki diharapkan dapat menjadi data dan acuan dalam penelitian ilmiah.(un)

Sumber : Laporan Kegiatan Inventarisasi Koleksi Museum Majapahit, 2014