Pameran Kepurbakalaan Panji

0
634

Festival Internasional Panji / Inao 2018 dilaksanakan secara estafet di berbagai tempat, dimulai Bali, Jawa Timur, Yogyakarta, dan puncaknya di Jakarta. Festival ini, di Jawa Timur diselenggarakan di Pasuruan, Malang, Blitar, Tulungagung, dan Kediri.

Kisah Panji tentang roman Panji Asmara Bangun atau Inu Kertapati dengan Galuh Candra Kirana atau Sekartaji merupakan wiracarita dari Kediri, Jawa Timur yang populer pada zaman Majapahit, menyebar di Nusantara, seperti di Bali, Kalimantan, Sumatera, hingga ke luar negeri yaitu Malaysia, Kamboja, Thailand.

Aspek-aspek wiracarita asli Indonesia tersebut tersaji pada Pameran Kepurbakalaan Panji oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, bertempat di Pendopo Taman Krida Budaya, Kota Malang, Senin-Selasa, 2-3 Juli 2018,  sebagai serangkaian Festival Internasional Panji / Inao 2018 di Kota Malang.

Pameran bertema sejarah dan kepurbakalaan Panji menyuguhkan sejarah Kisah Panji, informasi dan tinggalan arkeologis seperti karya sastra, prasasti, arca dan relief visualisasi Kisah Panji pada masa klasik Indonesia, serta spirit nilai, pelestarian, transformasi Kisah Panji kekinian sesuai amanat UU No 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya dan UU No 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan. (M. Ichwan)