Spirit Sriwijaya : Untuk Persahabatan Antarbangsa

0
646

Untuk Persahabatan Antarbangsa

Hubungan masyarakat Indonesia dengan bangsa-bangsa lain, khususnya Asia, telah terjalin sejak lama. Sejak terciptanya jalur pelayaran niaga internasional yang menghubungkan pusat perdagangan dunia Tiongkok dan India di awal-awal Masehi. Dari aktivitas perdagangan itu, hubungan antarbangsa-antarbudaya pun terjadi. Menjadi stimulan bagi tumbuh-kembang peradaban Nusantara. Kerajaan Sriwijaya adalah sebuah contoh, betapa persentuhan dengan dunia luar telah melahirkan sebuah peradaban besar. Seiring munculnya instusi kekuasaan yang turut mengkondisikannya.

ririfahlen/bpcbjambi

Sriwijaya menjadi besar karena perdagangan dan hubungannya dengan bangsa-bangsa lain. Peradaban Sriwijaya berkembang karena terbuka terhadap hadirnya pengaruh budaya luar. Proses akulturasi menjadi faktor penentu dalam perkembangan kebudayaan-peradaban umat manusia, di mana pun. Maka Sriwijaya, sudah seharusnya dipandang sebagai spirit untuk tetap menjaga hubungan dan persahabatan antarbangsa. Untuk kita
dapat lebih berkembang lagi secara kultural. Dan momen Asian Games 2018 ini, adalah kesempatannya. Selamat bertanding dan berprestasi. Salam peradaban!