Tongkat Bung Karno Tersimpan di Rumah Pengasingan Bung Karno Ende

0
1412
Tongkat Bung Karno

Selalu menarik jika kita mengenal sosok Bapak Proklamator RI Ir. Soekarno (Bung Karno) dimana benda-benda yang digunakan pasti memiliki simbol-simbol, salah satunya adalah Tongkat Bung Karno yang tersimpan di Rumah Pengasingan Bung Karno Ende. Dua Tongkat Bung Karno ini masih terawat dan utuh.

Tongkat Bung KarnoSelama di Pengasingan, Bung Karno sering menggunakan tongkat ini. Tongkat berbahan kayu dan terukir binatang monyet merupakan tongkat yang paling sering digunakan. Menurut cerita, bahwa setiap Bung Karno bertemu dengan Belanda dan salam anggukan yang diberikan oleh Belanda selalu dibalasnya dengan mengarahkan tongkat berkepala kera itu kepada mereka. Bagi Bung Karno cara ini menandakan suatu pendirian bahwa sifat-sifat penjajah hanya bisa dihargai oleh binatang dan tidak oleh manusia. Tongkat ini memiliki panjang 83,5 cm yang tersimpan dalam kotak kaca di ruangan koleksi dan memiliki nomor inventaris BPCB Bali 1/16-05/BB/19.

Sedangkan tongkat kedua memiliki panjang 82 cm dengan nomor inventaris 1/16-05/BB/20 ini merupakan tongkat yang hanya digunakan oleh Bung Karno ketika sedang piknik di daerah Ende.

Tongkat Bung Karno