Situs Rumah Pengasingan Bung Karno

0
4083

Rumah Pengasingan Bung Karno terletak di Jalan Perwira, Kampung Ambugaga, Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende dengan koordinat 51 L 0350927, 9022481 UTM. Rumah ini adalah salah satu rumah di Kota Ende yang berasal dari masa Kolonial, pemiliknya Haji Abdulah Ambuwaru yang dibangun pada tahun 1927 dengan ukuran 12 x 9 m, pada awalnya bangunan ini terdiri dari satu bangunan induk dan beberapa bangunan penunjang. Bangunan induk terdiri dari 2 (dua) kamar tidur, 1 (satu) ruangan perpustakaan, 1 (satu) ruang semadi dan teras belakang. Bangunan induk dilengkapi pula dengan bangunan penunjang seperti dapur, ruang makan, gudang, dan kamar mandi yang keberadaanya masih sederhana. Setelah ditempati Bung Karno berangusr-angsur diperbaiki dan ada tambahan bangunan penunjang berupa sebuah sumur. Menurut informasi Ibu Mahani, sumur tersebut digali oleh Bung Karno bersama teman-temannya. Selain itu terdapat pula pagar, saluran air, dan tiang bendera di halaman depan. Adapun koleksi yang tersimpan di ruma ini selama pengasingan Bung Karnodi Ende ialah Setrika, Cerek Air (Ketel), Katrol Timba, Fragmen Biola, Kain Sarung, Kain Batik, Bolpoin, Fragmen Meja (kaki meja), Alas Gelas (6 buah), Nampan Kaca, Piring, Piring Hias, Piring Ceper, Tongkat, Lampu, Kayu pegangan/Penjepit Koran, Lukisan, Meja Marmer dan Kursi Rotan, Gantungan Pakaian, Lemari Pakaian, Tempat Gantung Pakaian, Ranjang, dan Tiang Bendera.

Arsitektur bangunan rumah sangat sederhana, dengan atap dari seng, dinding batu bata, tiang dari kayu, lantai menggunakan peluran semen (plesteran). Plafon dari gedeg kulit (anyaman bamboo) dan jendela depan (sisi timur) terdapat awning untuk melindungi dari panas dan tetesan air hujan. Bangunan ini pernah dipugar pada tahun 1984. Luas lahan Situs Rumah Pengasingan Bung Karno 23,50 m x 31,60 m = 742 m2. Selain bangunan utama, rumah pengasingan Bung Karno juga dilengkapi dengan sebuah bangunan dengan ukuran lebih kecil yaitu 3.50 m x 11,75 m dengan fasilitas dapur, ruang makan, kamar madni dan gudang. Didepan dapur juga terdapat sumur tua untuk keperluan air minum dan mandi. Halaman situs ditanami dengan rumput yang dikombinasi dengan tanaman bunga dan sebuah pohon jambu. Kini rumah pengasingan ini dikelola oleh Pemda Kabupaten ende.

Pada bangunan pokok terdapat 6 buah kamar/ruangan dan 1 buah serambi, yaitu:

  1. Ruang Koleksi/ruang depan

Ruang ini terdapat pada bagian depan, empunyai 3 buah pintu, yaiyu (1) pintu depan yang merupakan pintu utama untuk memasuki bangunan ini, (2) pintu sebelah utara menghubungkan  keruang tamu, (3) pintu sebelah barat menghubungkan ke ruang tengah. Benda tinggalan Bung Karno yang tersimpan di ruangan ini adalah setrika, ketel, piring-piring, tongkat, lampu, pegangan korang, biola. Ruangan koleksi ini berukuran 7,35 m x 3, 35 m.

  1. Ruang Tamu

Ruang ini terletah di sebelah timur laut bangunan. Ruangan ini dihubungkan oleh 2 buah pintu; (1) pintu masuk ruang tamu yang menghubungkan dengan ruang koleksi/ruang depan, (2) pintu yang menghubungkan dengan ruang tidue Bung Karno. Ruang ini berukuran 3,30 m x 3,30 m. di ruangan ini tersimpan sebuah meja marmer dan dua buah kursi rotan yang digunakan oleh Bung Karno menerima tamu-tamunya.

  1. Ruang Tidur Bung Karno

Ruang ini terletak dibagian tengah sebelah utara bangunan. Ruangan ini dihubungkan oleh dua buah pintu; (1) pintu masuk kamar Bung Karno yang menghubungkan dengan ruang tengah, (2) pintu yang menghubungkan dengan ruang tamu. Ruang ini berukuran 3,43 m x 3,42 m. di ruangan ini tersimpan sebuah gantunagn pakaian yang ditempel di tembok, sebuah lemari pakaian, sebuah ranjang besi, dan sebuah gantungan pakaian berkaki.

  1. Ruang Tengah

Ruang ini terletak tepat di bagian tengah-tengah bangunan dan terhubung langsung dengan ruang koleksi, ruang tidur Bung Karno, ruang tidur istri-mertua Bung Karno dan dengan serambi belakang. Ruang ini berukuran 3,85 m x 3,39 m.

  1. Ruang Istri-Mertua Bung Karno

Ruang ini terletak di bagian tengah selatan bangunan. Mempunyai sebuah pintu masuk, sebuah jendela, berukuran 3,39 m x 3,39 m. diruangan ini tersimpan sebuah lemari pakaian, dua ranjang besi.

  1. Ruang Semedi

Ruangan ini terletak di bagian belakang bangunan, berukuran 3,31 m x 2,29 m.

  1. Serambi Belakang

Berukuran 7,66 m x 2,07 m.

Ranjang di Situs Rumah Pengasingan Bung Karno
Meja marmer dan kursi tamu
Sumur di Rumah Pengasingan Bung Karno
Salah Satu Piring Hias di Rumah Pengasingan Bung Karno
Ruang Koleksi di Rumah Pengasingan Bung Karno