Sarkofagus milik BPCB Bali ikut serta dalam Pameran Europalia di Belgia

0
1166

Pameran Europalia merupakan pameran yang diselenggarakan di benua eropa setiap dua tahun sekali. Untuk tahun ini negara yang diangkat adalah Negara Indonesia. Pameran ini diselenggarakan selama 4 bulan dari bulan oktober 2017 hingga januari 2018 di negara Belgia. Pada kesempatan ini Sarkofagus milik BPCB Bali ikut serta dalam pameran Europalia.

Sarkofagus tersebut telah di data dan diproses oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dibawa dalam pameran Europalia. Proses Pengiriman sarkofagus melalui kargo dengan pengawalan ketat pihak kepolisian, dikarenakan sarkofagus ini merupakan benda cagar budaya yang telah dilindungi oleh undang-undang no.11 tahun 2010 tentang cagar budaya. Sarkofagus dengan bentuk mirip kura-kura ini hanya ada satu-satunya di indonesia.

Tidak hanya pameran saja, pada festival ini banyak pagelaran seni yang ditampilkan seperti musik, fotografi, film, teater, dll. Kepala BPCB Bali ikut serta dalam rombongan bapak Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, Phd untuk menyaksikan pembukaan festival Europalia.

 

TINGGALKAN KOMENTAR