Yuk! Nikmati Ragam Budaya Papua di Sarinah Jakarta

0
256

Jakarta – Siapa yang tak kenal Papua? Wilayah paling timur Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea itu merupakan propinsi terluas di Indonesia, yakni sebesar 316.553 km2, sedangkan Propinsi Papua Barat memiliki luas 102.996 km2. Keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki tanah Papua tak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga mancanegara.

Untuk menikmati keindahan dan kekayaan alam tanah Papua, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke sana. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya merangkum Papua dalam pameran bertajuk “Ragam Budaya Papua” di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat. Pameran ini menyoroti asal usul budaya Papua, makna dan arti tradisi dan adat istiadat yang masih dipraktekan hingga kini, serta asimilasi atau percampuran budaya Papua dengan budaya dari daerah lain di Indonesia, maupun belahan dunia lain.

Para pengunjung juga dapat menikmati berbagai instalasi seni seperti Menara Pandang (Eye Catcher) dan Perisai Perang setinggi 250 cm. Sementara pada ruang Kekayaan dan Keberagaman Budaya, para pengunjung akan melihat langsung kain-kain tradisional, Koteka, Rok Rumbai, Rumah Honai, Senjata Tradisional, Totem (ekspresi spiritual terhadap nenek moyang), Mbitoro (jenis ukiran), Tifa (alat musik khas Papua), Festival Budaya, Bakar Batu, dan masih banyak lagi.

Pameran Ragam Budaya Papua akan terselenggara mulai hari ini, Senin 18 November 2019 sampai dengan 18 Desember 2019, di Plaza Sarinah, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Selamat menyaksikan!

TINGGALKAN KOMENTAR