Revitalisasi Seni Tradisi sebagai Upaya Perlindungan Warisan Budaya Bangsa

0
276

Riau – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Kesenian menyelenggarakan Teater Bangsawan dan Seni Musik Gazal, di Lapangan Hang Tuah, Daik, Lingga, Propinsi Kepulauan Riau, 16-17 November 2019.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi program perlindungan terhadap objek Pemajuan Kebudayaan yang diselenggarakan Direktorat Kesenian, yang bekerja sama dengan BPNB Tanjung Pinang, Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau khususnya melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga.

Direktur Kesenian, Restu Gunawan mengatakan, Teater Bangsawan dan Seni Musik Gazal merupakan seni tradisi melayu yang hampir punah di Kabupaten Lingga. “Diperlukan adanya upaya untuk merevitalisasi atau memberikan kembali daya hidup dengan melakukan pengemasan yang bersifat kekinian, namun tidak meninggalkan akar budayanya,” katanya.

Salah satu upaya yang ditempuh yakni melakukan kajian, rekonstruksi, transfer pengetahuan melalui lokakarya, dan berbagai keterampilan. Semua hal itu kemudian dipraktekan dan didokumentasikan dalam bentuk audio visual, untuk menghindari kepunahan dan dapat dinikmati kembali oleh masyarakat setempat.

Kegiatan Revitalisasi ini sebelumnya pernah dilaksanakan di berbagai daerah lain, di antaranya Sumatera Barat, Maluku, Halmahera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua.

TINGGALKAN KOMENTAR