Sertifikat Dua Warisan Budaya Dunia kepada Indonesia

0
991
Serah terima sertifikat UNESCO

Jakarta, 25 April 2024 – Pada tahun 2023, dua warisan budaya Indonesia diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia. Pertama adalah Sumbu Filosofis Yogyakarta dan penanda bersejarahnya. Kedua adalah Budaya Sehat Jamu.

Bertempat di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbudristek, sertifikat asli UNESCO diserahkan secara resmi kepada Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, serta Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid.

Kedua penetapan tersebut merupakan realisasi peta jalan pelestarian cagar budaya dan pemajuan kebudayaan yang secara berjenjang dimulai pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, sampai tingkatan internasional.

Penyerahan sertifikat dan arsip naskah nominasi Sumbu Filosofis Yogyakarta dan Budaya Sehat Jamu menjadi langkah awal untuk menjaga keberlanjutan kedua warisan budaya agar tetap hidup dan berkembang dalam ekosistem tradisional dan berinteraksi secara dinamis dengan kebudayaan dan warisan lain pada kancah nasional dan internasional.

 

Siaran Pers 121 – UNESCO Memberikan Sertifikat Inskripsi Warisan Budaya Dunia kepada Indonesia