Pembukaan Festival Ramayana Internasional

0
473

Yogyakarta – Festival Ramayana Internasional merupakan festival tahunan yang diselenggarakan di panggung Ramayana Candi Prambanan. Namun berbeda dengan sebelumnya, Festival Ramayana tahun ini disenggalarakan secara internasional dengan melibatkan 9 delegasi Negara. Negara-negara tersebut ialah Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Filipina, India , Myanmar dan Laos. Indonesia menghadirkan dua delegasinya yaitu Yogyakarta dan Bali. Masing-masing delegasi akan menampilkan tarian khas dari masing-masing Negara dengan mlakonkan satu episode setiap negaranya.

6 September 2013 Festival Ramayana Internasional dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang diwakilkan oleh  Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Bapak Kacung Marijan  .  “Ramayana merupakan cerita yang sangat menarik. Meskipun cerita itu dating dari India, tetapi ada di berbagai Negara khususnya di Asia Tenggara. Festival ini menampilkan episode dari berbagai Negara. “, berikut pesan Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang disampaikan oleh Bapak Kacung Marijan.  Pada pukul  19.44 WIB Bapak Kacung Marijan resmi membuka Festival Ramayana Internasional dengan melepaskan busur panah yang disambut dengan meriahnya pesta kembang api.

DSC_2848 DSC_2850

Pada malam pembukaan Festival Ramayana Internasional, delegasi India diberi kesempatan untuk menampilkan lakonnya dalam episode ‘Sayembara untuk Shinta’.  Tarian khas dari Indiapun disajikan dalam lakonan  episode tersebut. Episode selanjutnya yaitu ‘Pengasingan Rama dan Shinta dan Penobatan Baratha sebagai Raja Ayodya’ dilakonkan oleh delegasi dari Kamboja. Tarian gemulai khas Kambojapun dengan indah dipentaskan di hadapan Candi Prambanan Yogyakarta.

[D.I]

Artikel SebelumnyaLomba Penulisan Sejarah Sekitar Proklamasi untuk Mahasiswa se-Jabodetabek
Artikel BerikutnyaSeminar Ramayana Internasional “Continuity and Change”