Keragaman Indonesia dalam Festival Multikultur Korea

0
682

Changwon – Bertempat di pusat kota Changwon, Korea Selatan, tim dari Direktorat Jenderal Kebudayaan berkesempatan berpartisipasi dalam helatan Migrant Arirang Multicultural Festival (MAMF) 2023. Pada gelaran ini, mereka terlibat dalam parade budaya sekaligus menyuguhkan pertunjukan tari tradisional dari Indonesia (22/10). 

Tarian yang disuguhkan adalah tari tradisional dengan konsep kasih sayang dan kebersamaan.  Purnawan Andra, penanggung jawab untuk koreografi tari, menjelaskan bahwa tema tari yang disajikan selaras dengan semangat MAMF yaitu keharmonisan.  Karena itu,  gerak dalam tarian dilakukan secara berpasang-pasangan.  “Dalam gerak ini, yang ditonjolkan adalah respons dan interaksi satu sama lain”,  jelas Purnawan.

Dian Nisa, salah satu penampil tari, mengaku bangga bisa menjadi bagian dari acara ini. Bagi Dian, ini adalah pertama kali dirinya terlibat dalam sebuah festival budaya bertaraf internasional.  “Saya juga senang dan bangga bisa turut memperlihatkan budaya kita di mancanegara”, imbuhnya.

Para peserta tersebut merupakan penerima fellowship program dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek. Mereka adalah para ASN praktisi budaya yang dikirim untuk melakukan studi manajemen kebudayaan di Daegu Catholic University. 

Shanty Roulina selaku panitia fellowship program mengatakan bahwa kesempatan untuk tampil dalam festival multikultur di Korea Selatan ini adalah momen langka.  Menurutnya, dengan ikut berpartisipasi, para peserta tidak hanya mewakili kampus tempat mereka belajar tapi juga dapat menampilkan wajah Indonesia kepada masyarakat Korea.

Semangat festival ini, keberagaman budaya, selaras dengan apa yang disajikan oleh para penampil Indonesia. Dari sisi kostum, para penari menyajikan gerak tari tradisional Jawa dengan menggunakan busana daerah yang beragam mulai dari Melayu, Sunda, Banten, Bugis, hingga Sasak. Selain itu, delegasi Indonesia lainnya berkesempatan menyuguhkan Reog Ponorogo. Ini menunjukan bahwa Indonesia adalah bangsa yang sudah sangat multikultur dan selalu menjaga keragaman tersebut.