Indonesia Mengasuh Bangsa di Galeri Nasional Indonesia

0
645

Notice: Trying to get property 'roles' of non-object in /home/website/web/kebudayaan.kemdikbud.go.id/public_html/wp-content/plugins/wp-user-frontend/wpuf-functions.php on line 4663

Fotok Hardiknas OK

Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan Yayasan SEIBUBANGSA menggelar acara bertajuk “Indonesia Mengasuh Bangsa”, pada 2-9 Mei 2015, di Galeri Nasional Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Indonesia Mengasuh Bangsa menyajikan serangkaian kegiatan menarik yang sarat dengan unsur edukasi dengan melibatkan berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, para siswa sekolah, mahasiswa, guru, aktivis pendidikan, seniman, artis, hingga menteri. Kegiatan tersebut antara lain Pesta Anak (2/5/15) sebagai acara pembuka dalam event ini, yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Marijan, Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus ‘Andre’ Sukmana, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ari Budiman. Pesta anak menampilkan arak-arakan Ondel-ondel, Wayang Landung, Jaranan, Dongeng Nusantara, dan tampilan budaya lainnya.

Selain itu, juga diselenggarakan Saresehan Pendidikan dan Kebudayaan (3/5/15), Saresehan: Indonesia Mengasuh Bangsa (4/5/15), Indonesia Membaca (5/5/15), Kisah Kasih untuk Bangsa yang menyajikan kegiatan mendongeng (6-9/5/15), Pemutaran Film “12 Menit” dan film-film Indie (6/5/15), serta Bermain Warna, Benda, Gerak dan Bunyi (8-9/5/15).

Berbagai kegiatan tersebut dilengkapi dengan perpustakaan keliling, pameran seni rupa terapan, aksi melukis (on the spot) oleh seniman Jakarta, Bandung, Tangerang, dan Yogyakarta. Ini adalah suatu kolaborasi sinergis antara pendidikan dan kebudayaan. “Pendidikan tidak bisa lepas dari kebudayaan, karena dengan adanya pendidikan, muncullah kebudayaan yang merupakan cikal bakal peradaban,” tutur Anies Baswedan saat pembukaan rangkaian acara ini.

 

*dsy/GNI