Galeri Nasional Jadi Saksi Kebangkitan Kembali Nasionalisme

0
1126

Notice: Trying to get property 'roles' of non-object in /home/website/web/kebudayaan.kemdikbud.go.id/public_html/wp-content/plugins/wp-user-frontend/wpuf-functions.php on line 4663
Suasana acara Garudaisme di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta
Suasana acara Garudaisme di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Nasionalisme yang semakin meredup di zaman modern ini berusaha dibangkitkan kembali dalam acara Garudaisme – be the Next Young Inspiration for the Nation, pada Sabtu, 13 Juni 2015 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Acara tersebut diselenggarakan oleh Mahasiswa MK Management Event Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Marketing Komunikasi dan Periklanan Universitas Mercu Buana, Menteng.

Dijelaskan Ketua Panitia Garudaisme, Paris San Bintang, sisi nasionalisme yang berusaha diangkat di acara ini diwakili oleh Garuda Pancasila sebagai lambang Negara Indonesia. “Gencarnya arus globalisasi dan komunikasi menyebabkan generasi muda Indonesia lebih mengidolakan lambang-lambang negara lain, sehingga Garuda semakin dilupakan. Karena itulah, acara seperti ini dihelat untuk menginspirasi generasi muda Indonesia sebagai generasi produktif agar kembali menyertakan Garuda Pancasila dalam tiap sendi aktivitas dan pergerakan yang mereka lakukan,” papar Bintang.

Acara ini menghadirkan para pembicara dari berbagai bidang, seperti Ananta Hari Noorsasetya (Pendidik), Hardjadinata (Politikus), Razie Razak (Pendidik), Arto Subiantoro (Brand Specialist), Bonnie Triyana (Sejarawan), dan Erwin Moron (Artist sekaligus Aktivis Sosial). Masing-masing pembicara menguliti soal Garuda dari ranahnya masing-masing mulai dari ranah teori, kesejarahan, politik, hingga masuk lebih dalam ke ranah mentalitas. Paparan para pembicara tersebut ditanggapi secara antusias oleh para peserta acara ini yang sebagian besar adalah mahasiswa dan siswa/siswa SMA, terbukti dengan keaktifan para peserta dalam melontarkan berbagai pertanyaan kritis. Reaksi positif para peserta ini dianggap Bintang sebagai semangat yang diharapkan dapat terus berkobar untuk menumbuhkan semangat Garuda dalam diri mereka di setiap aktivitas kesehariannya.

*dsy/GNI