Galeri Nasional Gelar Press Tour di Pameran Art-Chipelago

0
1349
Suasana Press Tour (Press Conference), Sesaat Sebelum Peresmian Pembukaan Pameran Nusantara 2015: Art-Chipelago, Senin Sore (25/5/15), di Galeri Nasional Indonesia
Suasana Press Tour (Press Conference), Sesaat Sebelum Peresmian Pembukaan Pameran Nusantara 2015: Art-Chipelago, Senin Sore (25/5/15), di Galeri Nasional Indonesia

Sesaat sebelum peresmian pembukaan Pameran Seni Rupa Nusantara 2015: Art-Chipelago, diselenggarakan Press Tour (Press Conference) pada Senin sore, 25 Mei 2015 di Galeri Nasional Indonesia. Sesi ini memberikan kesempatan pada insan media massa untuk mengetahui informasi tentang event akbar dua tahunan ini (biennale) secara lebih detaill. Dalam kesempatan itu hadir Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus ‘Andre’ Sukmana, Kepala Seksi Pameran dan Kemitraan Galeri Nasional Indonesia Zamrud Setya Negara, juga para Kurator Galeri Nasional Indonesia sekaligus Kurator pameran ini yaitu Suwarno Wisetrotomo dan A. Sudjud Dartanto.

Sebelum memulai tour, Suwarno menjelaskan bahwa pameran ini mencakup seluruh wilayah Nusantara tanpa membeda-bedakan identitas perupa. “Pemilihan karya dalam pameran ini dilakukan dengan mempertimbangkan portofolio yang dikirim perupa, bukan asal daerah atau siapa perupanya. Sehingga apabila kemudian ada banyak perupa dari satu daerah yang sama di pameran ini, itu bukanlah sesuatu yang disengaja. Memang mereka layak berpameran di sini karena portofolionya bagus,” tegas Suwarno.

Karya dalam pameran Art-Chipelago sebanyak 106 karya hasil olah cipta 106 perupa dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Semua karya tersebut menjadi alur press tour yang dimulai dari Gedung A, B, dan berakhir di Gedung C. Selama proses tour, perupa yang hadir diberikan kesempatan untuk menjelaskan di depan karya mereka, dan berdialog secara langsung dengan para jurnalis.

*dsy/GNI