35.000 Pengunjung Hadiri Pameran “17I71: Goresan Juang Kemerdekaan”

0
988

Pameran “17I71: Goresan Juang Kemerdekaan” resmi ditutup oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno setelah digelar genap 30 hari sejak dibuka mulai 1 Agustus 2016. Acara penutupan diselenggarakan pada 30 Agustus 2016, pukul 20.00 WIB, di Gedung A Galeri Nasional Indonesia. Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud Hilmar Farid, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Ketua Panitia yang sekaligus menjabat sebagai Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Sekretariat Presiden Taufik Sukasah.

Dilaporkan langsung oleh Taufik Sukasah, Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia, “Jumlah pengunjung mencapai 35.000 dari berbagai kalangan dengan rata-rata pengunjung perhari sebesar 1.200 orang”, ujarnya. Hilmar Farid menegaskan, pameran ini menjadi salah satu bukti tingginya minat masyarakat terhadap seni rupa. “Pameran ini menjadi bukti bahwa seni rupa itu hidup dan ada penggemarnya, terbukti dari antusiasme pengunjung yang datang ke Galeri Nasional Indonesia”, tandasnya.

Selain pameran, telah diselenggarakan pula berbagai program publik yang menjadi daya tarik bagi pengunjung seperti Gallery Tour, Seminar Sehari, dan Lomba Lukis untuk siswa Sekolah Dasar. Ada juga Dialog Budaya bertajuk “Ngopi Bareng Presiden” yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para seniman serta budayawan. Tak hanya itu, pameran ini juga didukung oleh teknologi terbaru Augmented Reality (AR), yang bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi Goresan Juang Kemerdekaan di google playstore.

*fii/GNI