SENI TOPENG ERA MODERN

0
612

Topeng tak sekedar perwujudan dari karakteristik yang menakutkan hingga menyimpan banyak rahasia. Seni topeng di Indonesia masih terjaga hingga saat ini karena merupakan gambaran metamorphosis manusia dari waktu ke waktu untuk menemukan jati dirinya. Dibalik topeng terdapat olah seni yang sangat kompleks sebab ia kemudian dimanifestasikan menjadi tari-tarian, pewayangan, hingga drama atau teater yang sarat dengan symbol-simbol dan pesan-pesan lewat lakon adaptasi dari berbagai sumber dan literature.

 

Di Indonesia terdapat beberapa wilayah provinsi yang memiliki tradisi berkenaan dengan pertunjukan topeng yang masih berlangsung hingga saat ini. Tradisi di sini dimaksudkan sebagai situasi dimana seni topeng yang ada telah menyatu ke dalam budaya dan adat-istiadat masyarakat setempat sehingga pelaku dan infrastrukturnya berjalan dengan mapan dan berkelanjutan mendorong terbentuknya regenerasi penari topeng, perkumpulan atau sanggar tari topeng, komunitas pengrajin topeng.

 

Seni topeng bukan hanya tontonan semata, selain mengandung hiburan, seni ini juga mengandung symbol-sombol berbagai aspek kehidupan seperti kesederhanaan, keadilan, kesabaran, kebenaran, kesuburan, pengetahuan, berjuang untuk cita-cita, cinta dan kesetiaan, kedamaian, spiritualitas, nilai-nilai kepemimpinan, kebijaksanaan, kepatuhan terhadap nenek moyang, atau bahkan angkara murka. Ia juga sebagai gambaran siklus kehidupan manusia sejak ia dilahirkan, menginjak dewasa, hingga meninggal dunia. Tari topeng pada kenyataannya merupakan media komunikasi yang positif.

TINGGALKAN KOMENTAR