Radio Karimata FM, Bingkai Budaya Madura

0
1322

Radio Karimata FM di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mendapat Anugerah Kebudayaan untuk Kategori Media dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk tahun 2016. Stasiun yang memiliki call station “Karimata FM Kebanggaan Madura” itu dinilai telah berjasa memberikan perhatian, menggali, dan mengangkat keberagaman seni tradisi dan budaya Madura lewat program acara hariannya: “Bingkai Madura”.

Hendra P. Penjab yang bertanggung jawab pada peliputan untuk radio berita itu bersama timnya mengaku sangat bahagia dan bangga bisa mendapatkan anugerah yang bergengsi dari pemerintah tersebut. Hendra menuturkan bahwa program tersebut baru dimulai tahun 2015, bersamaan dengan beralihnya radio itu ke segmentasi berita (news).

“Lewat program ‘Bingkai Madura’, kami hanya menunjukkan bahwa di Madura ada budaya seperti ini. Kami hanya membingkainya dan menunjukkannya. Jauh dari unsur menggurui,” tutur Hendra. Program ini berisi karya jurnalistik berupa feature, mini feature dan insert yang mengangkat seni dan budaya serta pariwisata dan sosial.

new-picture-1Panjang siaran hanya beberapa menit. “Kalau siaran tentang budaya terlalu panjang, pendengar akan bosan. Kami mengaturnya hanya beberapa menit sehingga orang tidak bosan dan jadi penasaran. Dalam sehari ‘Bingkai Madura’ itu disiarkan beberapa kali dengan beragam tema,” papar Hendra. Di luar dugaan, perhatian pendengar radio yang bisa ditangkap sampai di Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso itu cukup bagus. Tema-tema yang disajikan beragam dan dikemas agar menarik perhatian pendengar radio.

“BingkaiMudura”, misalnya, pernah mengudarakan tema musik dhengge. Sungguh di luar dugaan, music dengge ini ternyata akapela-nya Madura. Ini adalah musik tradisional yang hampir punah, berasal dari mulut para nelayan yang akan melarungkan perahu ke laut.

“Jika zaman modern ada istilah music beatbox, maka di Madura lebih dahulu ada, bahkan tahun 1980-an musik ini pernah ditampilkan untuk menghibur pada peresmian PT PAL Surabaya,” Hendra menjelaskan dengan bangga.

Program-program lainnya yang juga telah banyak mendapat perhatian adalah “Rahasia Nikmatnya Ramuan Madura”. Tema ini mengangkat potensi ekonomi sekaligus promosi jamu ramuan Madura yang sangat terkenal, meski semakin tergeser oleh obat modern. Radio Karimata mengangkat tema ini dengan sudut pandang berbeda untuk menciptakan theatre of mind dari penggemar radio tentang ramuan Madura.

Soal karapan sapi juga tak luput dari perhatian radio yang mengambil nama Selat Karimata ini. Siaran ini hadir dengan tema yang menggiurkan: “Nasib Karapan Sapi antara Budaya dan Kekerasan”. Isu yang diangkat memang adalah pro-kontra atau dilema yang baru muncul di abad modern ketika budaya dikaitkan dengan hak hidup hewan serta kekerasan. Sementara itu banyak juga yang berpendapat budaya Madura memiliki karakter yang berbeda, salah satunya karapan sapi.

Masyarakat Madura juga ternyata memiliki tarian ritual yang ditarikan untuk membuang kesialan. Dalam perjalanan waktu,  tari ini kadang ditarikan sekadar untuk tampilan dalam acara khusus saja. “Bingkai Madura” mengupasnya dengan tema ‘Tari Moang Sangkal’. Jumlah peminat tari ini di kalangan muda semakin menurun.

new-picture-2Program lain yang juga tidak kalah menarik adalah  soal pakaian khas Madura.  Banyak kalangan muda sudah tidak paham lagi akan makna pakaian Madura. Padahal pakaian tersebut memiliki maknanya sehingga perlu dilestarikan. Lantas apa yang harus dikerjakan ketika hujan tak kunjung turun? Program siaran budaya “Bingkai Madura” mengungkapkan adanya permainan ojhung atau okol yang juga sekaligus sebagai ritual untuk mendatangkan hujan. Permainan ini biasanya diiringi musik tradisi. Kini permainan itu jadi salah satu daya tarik untuk pariwisata.

Radio Karimata kini telah menjadi jendela budaya bagi pendengarnya melalui programnya “Bingkai Madura” dan sekaligus menjadi salah satu media di Tanah Air yang member perhatian pada kebudayaan.

Profil Radio Karimata Fm

Nama Stasiun Radio             : KARIMATA FM

Call Station                          : KARIMATA FM Kebanggaan Madura

Frekuensi                            : 103.3 MHz

Alamat Kantor                     : Jl. Raya Panglegur No. 123 Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Telp / Fax                            : 0324 – 333222, 333555/Fax. 0324 – 331432

Website                               : www.karimatafm.com

Slogan radio                       : Dinamika Madura

Segmentasi Siaran              : News

Penghargaan

2016: Anugerah Kebudayaan untuk Kategori Media dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RInew-picture-3