Money Follows Program: Jangan Harapkan Anggaran Jika Tak Ada Perencanaan

0
872

Money follows Program

Prinsip perencanaan pemerintah tersebut mengharuskan setiap kementerian lembaga untuk menyusun perencanaan program yang baik untuk memperoleh anggaran.

Prinsip perencanaan pemerintah tersebut mengharuskan setiap kementerian lembaga untuk menyusun perencanaan program yang baik untuk memperoleh anggaran. Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, sebagai salah satu satuan kerja di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan pun merasa perlu untuk melakukan perencaan dengan baik. Untuk itu dilaksanakan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah 2019.

 

suasana rapat

“Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 ini merupakan RKP tahun terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Program-program yang belum tercapai di tahun-tahun sebelumnya harap diutamakan pada RKP 2019” ujar Faturahman, Kepala Bagian Perencanaan Program dan Penganggaran. Tahun 2019 akan fokus pada optimalisasi pemanfaatan sumber daya untuk mengejar pencapaian tujuan pembangunan nasional. Berbeda dengan tahun 2018, tahun 2019 memiliki 5 program prioritas yang harus didukung oleh program-program pemerintah.

Arahan dari Bapak Faturahman menyegarkan kembali semangat pegawai Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya untuk menyusun perencanaan program yang baik untuk tahun 2019. Kerangka Acuan Kerja yang jelas dan tajam menjadi penting untuk memberikan informasi lengkap dari program yang telah direncanakan dan menilai apakah anggaran yang dibutuhkan patut dan layak.

Di awal tahun 2018 ini, Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya telah menyiapkan dirinya untuk merencanakan Rencana Kerja Pemerintah 2019. Semoga program yang direncanakan dapat mendukung prioritas nasional dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional.