Makanan Tradisional Suku Bangsa Simeulue, Memek

0
3007

Keberadaan makanan tradisional suku bangsa Simeulue merupakan identitas atau jati diri daerah Simeulue yang dapat membedakan dengan daerah lain. Kekayaan mata budaya ini tentunya diwariskan dari generasi ke generasi hanya dengan lisan sehingga sukar untuk dapat diketahui secara pasti kapan keberadaan makanan tradisional tersebut. Adapun salah satu makanan tradisional Kepuluanan Simeulue yang cukup dikenal masyarakat setempat yaitu MEMEK. Tidak ada satupun masyarakat di Simeulue, yang tidak mengenal makanan tradisional MEMEK. Adapun dalam bahasa daerah artinya MENGUNYAH.

Menurut masyarakat Simeulue, masakan ini tidak diketahui awal kemunculannya, namun sudah menjadi turun temurun dari orang tua sebelumnya, bahkan hingga saat ini sudah banyak digunakan untuk acara-acara tertentu, seperti penyambutan tamu daerah, bulan suci Ramadhan, acara kenduri dan lain-lain karena mudah untuk dilaksanakan. Memek makanan yang cukup praktis dimana masyarakat simeulu bila berpergian antar pulau dengan kapal pasti menyediakan Memek sebagai bekal makanan di perjalanan dikarenakan mudah cara memasaknya. Dahulu orang Simeulue setiap keluarga menyiapkan bahan tersebut selama dalam perjalanan untuk bekal makanan ketika beriistirahat. Semua masyarakat Simeulue kenal akan makanan Memek, bahkan bapak-bapak bisa juga membuatnya.

Memek juga dikenal sebagai makanan bagi yang merantau khususnya bagi masyarakat Simeulue. Memek salah satu makanan tradisional khas Simeulue, yang sudah dibudayakan apabila ada tamu-tamu yang datang, pemerintah Kabupaten akan menyajikan makanan khas memek dan lainnya. (beras) bahan-bahan  daripada memek tediri dari beras pulut yang digoseng, pisang, santan, gula dan garam secukupnya, yang lalu diaduk dan siap saji.

Memek digunakan pada bulan-bulan suci Ramadhan untuk berbuka puasa dikarenakan mudah. Memek makanan yang cukup praktis dimana masyarakat simeulu bila berpergian antar pulau dengan kapal pasti menyediakan. Memek sebagai bekal makanan di perjalanan dikarenakan mudah cara memasaknya. Dahulu orang Simeulue setiap keluarga menyiapkan bahan tersebut selama dalam perjalanan untuk bekal makanan ketika beriistirahat. Semua masyarakat SImeulue kenal akan makanan Memek, bahkan bapak-bapak bisa juga membuatnya.

Memek juga dikenal sebagai makanan bagi yang merantau khususnya bagi masyarakat Simeulue. Memek salah satu makanan tradisional khas SImeulue, yang sudah dibudayakan apabila ada tamu-tamu yang datang, pemerintah Kabupaten akan menyajikan makanan khas memek dan lainnya. Memek makanan yang dibuat dari beras ketan yang bagus, lalu dicuci dan ditiriskan dan digoseng sehingga menjadi warna kuning, setelah itu digoseng ditambah dengan pisang, gula, garam dan santan semua diadukkan dan akhrinya siap untuk disajikan.

 

Keterangan

Tahun :2019

Nomor Registrasi :201900820

Nama Karya Budaya :Memek

Provinsi :Aceh

Domain :Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional

Sumber: Website Warisan Budaya Takbenda