Sosialisasi Bagi Pendidik Generasi Harapan Bangsa

0
573

Sosialisasi merupakan salah satu upaya penyebaran informasi yang dilakukan oleh BPSMP Sangiran. Kamis 5 Oktober 2017 giliran MGMP IPS Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan sosialisasi.

Sosialisasi kali ini memang sengaja menyasar pendidik agar dapat memberi tambahan pengetahuan dan mampu memberi pengetahuan tentang Sangiran pada siswanya. “Sengaja kami mengundang para guru agar mereka dapat menyebarkan informasi tentang Sangiran pada siswa-siswa. Selain itu memang sosialisasi ini membidik sasaran pendidik sehingga mampu meningkatkan pemahaman guru dan murid”, ungkap Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.

Dalam sambutannya diawal acara, Joko Harwanto,S.Pd,S.E., M.M. Ketua MGMP IPS Kabupaten Banjarnegara menyebutkan, “Kami merupakan guru mata pelajaran IPS, yang sesuai kurikulum saat ini yaitu pelajaran ekonomi, geografi, dan sejarah. Guru ekonomi harus paham tentang sejarah dan ini salah satu alasan kami datang langsung kemari, menyaksikan langsung dan mendapat informasi langsung dari narasumber. Merupakan kebanggaan dapat datang kemari dan sepulang dari sini kami lebih percaya diri dalam memberikan pelajaran bagi siswa didik kami”, janjinya.

Menyikapi pernyataan itu, Sukronedi, S.Si, M.A. selaku Kepala BPSMP Sangiran mengaku bahagia dapat membagi pengetahuan bagi pendidik yang akan menyebarkannya pada siswa didiknya. “Saya sangat bahagia dapat berbagi informasi dan pengetahuan tentang Sangiran, salah satu Warisan Budaya Dunia yang sudah diakui UNESCO. Untuk berbagi informasi dan pengetahuan kami akan memberikannya melalui presentasi dan juga melalui buku yang kami berikan,” ungkap Sukronedi dalam sambutannya.

Acara ini diisi dengan 4 orang narasumber yaitu Sukronedi, S.Si., M.A.  yang memaparkan tugas fungsi BPSMP Sangiran, Drs. M. Hidayat mengungkap pengembangan yang dilakukan melalui penelitian, Febri Wijanarko, S.S yang menjelaskan tentang upaya pelindungan yang dilakukan BPSMP Sangiran, dan Iwan Setiawan Bimas, S.S. tentang pengelolaan informasi yang dilakukan BPSMP Sangiran. “Kekayaan” informasi ini  memberikan berbagai informasi.

Informasi bagi para pendidik yang dapat menularkannya pada siswa didik yang menjadi generasi penerus harapan bangsa. Generasi yang mengetahui budaya dan mencintai budayanya. (Wiwit Hermanto)