Pra FGD Kajian Pengunjung

0
928

Kajian pengunjung merupakan salah satu kegiatan ilmiah yang dilaksanakan oleh BPSMP Sangiran. Tahap persiapan yang matang sangat diperlukan agar hasil pada selanjutnya dapat dipertanggungjawabkan. Dalam rangka melaksanakan kajian pengunjung, BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan melaksanakan Focus Group Discussion penyusunan instrumen survey pengunjung.

Kegiatan persiapan FGD ini dilaksanakan selama 1 hari, tanggal 2 Oktober 2017. Rapat persiapan FGD dibuka oleh Kasi Pemanfaatan, Iwan Setiawan Bimas, S.S. yang menjelaskan kegiatan ini merupakan awal untuk penyusunan instrumen Kajian Pengunjung. “Kajian Pengunjung dilakukan sesuai kebutuhan kita guna melihat perkembangan dan pengelolaan pengunjung. Dalam kegiatan ini ide, gagasan dan pemikiran kita bisa diskusikan sehingga bisa memudahkan dalam penyusunan instrumen Kajian Pengunjung”. ungkapnya.

Untuk rapat koordinasi ini, diundang dua orang narasumber yang ahli dalam melaksanakan kajian pariwisata dan berbagai hal yang berhubungan dengan pariwisata, termasuk pengunjung. Narasumber tersebut adalah Nining Yuniati, S.S., M.Hum dari STI Pariwisata Ambarukmo dan Luhur Sapto Pamungkas, S.T., M.T. dari Universitas Teknologi Yogyakarta. Nining memberi materi dari sisi pariwisata yang mampu mengundang pengunjung dan memberi atraksi bagi mereka. Luhur memberikan tambahan bahwa bangunan museum sudah sangat baik dan menawan tinggal perlu dipikirkan “isi” museum yang menarik dan memberi pengetahuan bagi pengunjung.

Dalam diskusi banyak hal yang jadi topik menarik guna melengkapi berbagai wawasan ke depan. Ini semua demi kemajuan kebudayaan, khususnya memberi materi menarik bagi pengunjung dan dapat mengetahuai kepuasan pengunjung atas materi yang ada di museum. Kajian pengunjung ini diperlukan agar masyarakat dapat memperoleh informasi tentang nilai penting Situs Sangiran, sehingga pemahaman dan kepedulian terhadap pelestarian Situs Sangiran meningkat. (Wiwit Hermanto)