Hari Batik Nasional di BPSMP Sangiran

0
604

Batik merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang sudah diakui dunia melalui UNESCO sejak 2 Oktober 2009. UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Sejak penetapan itu, maka setiap tanggal 2 Oktober menjadi momen peringatan Hari Batik Nasional di Indonesia.

Batik merupakan bagian hidup orang Indonesia dari sejak kelahiran hingga akhir hayat, Dimulai dari proses kelahiran, pernikahan, kehamilan hingga kematian, batik hadir dalam aktivitas keseharian orang Indonesia. Melihat hal itu batik dinobatkan sebagai identitas budaya masyarakat Indonesia. Kehadirannya melalui warna dan desain simbolik menjadi pengungkap kreatifitas dan spiritualitas orang Indonesia.

Di Hari Batik Nasional, segenap karyawan BPSMP Sangiran juga ikut memperingatinya dengan menggunakan baju batik setelah mengikuti Upacara Kesaktian Pancasila. Ini merupakan bukti kecintaan terhadap budaya bangsa, mencintai batik, mencintai budaya bangsa dan terus mencintai bangsa Indonesia. (Wiwit Hermanto)