PELATIHAN PENGELOLAAN HOMESTAY OLEH BPSMP SANGIRAN

0
985

Di Ruang Seminar Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran sejak tanggal 26-28 Agustus 2015 diadakan Pelatihan Pengelolaan Homestay bagi masyarakat yang bermukim di Situs Sangiran. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi wawasan bagi masyarakat, khususnya para peserta agar mampu mengambil kesempatan dari kunjungan yang makin meningkat tiap tahunnya ke Museum Sangiran. Dengan di bukanya museum-museum klaster di Ngebung, Bukuran, Manyarejo serta Dayu memperbesar peluang bagi masyarakat untuk membuka homestay khususnya rumah tradisional.

Menyikapi itu semua, BPSMP Sangiran memberdayakan masyarakat dengan memberikan pelatihan pengelolaan homestay. Melalui pelatihan yang diberikan dalam kegiatan pemberdayaan ini, diharap dapat membuka wawasan masyarakat untuk meraih kesempatan guna meningkatkan taraf hidup dan perekonomiannya, sekaligus turut melestarikan bangunan rumah tradisional.

Materi pelatihan yang diberikan berupa teori maupun praktek yang diberikan oleh narasumber yang ahli dibidangnya yaitu dari PHRI Karanganyar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karanganyar dan dari BPSMP Sangiran (Pelatihan Bahasa Inggris). Pelestarian Situs Sangiran harus seiring sejalan dengan peningkatan perekonomian masyarakat yang bermukim di dalam Situs Sangiran. Masyarakat diharap mampu memanfaatkan Situs Sangiran tanpa meninggalkan unsur pelestarian situs. (wiwit hermanto)