MODERNITAS DITENGAH PEDESAAN BAGIAN I (MUSEUM LAPANGAN MANYAREJO)

0
1288

Dusun Grogolan merupakan sebuah dusun kecil yang berada di desa Manyarejo, Kecamatan Pupuh, Kabupaten Sragen. Sebagian besar penduduk dusun ini menggantungkan hidup dari bertani seperti layaknya masyarakat agraris lainnya. Sebagai petani, mereka banyak bercengkrama dengan sawah dan tegalan yang mereka tanami dengan berbagai tanaman yang mereka kenal.

Ditengah-tengah masyarakat agraris ini, berdiri Museum Lapangan Manyarejo. Museum ini merupakan museum lapangan yang menyediakan berbagai pengetahuan dengan tampilan menarik yang mampu membius pengunjungnya. Berbagai informasi disajikan dengan cara yang ringkas dan lugas sehingga mudah dipahami pengunjung yang menikmati museum beserta koleksi dan teknologi yang menyertainya.

modernitas ditengah pedesaan (24)

Dari depan, pengunjung sudah disapa dengan keramahan khas pedesaan. Perada ditengah-tengah pemukiman penduduk menambah suasana pedesaan yang menyertai nuansa museum ini. Saat pengunjung memasuki gerbang museum ini, udara segar khas pedesaan sudah menyapa pengunjung dengan ramahnya. Anak tangga berjejer rapi seakan menyapa pengunjung yang baru memasuki gerbang untuk bersemangat menuju ruang pamer maupun kotak ekskavasi. Rumput subur nan hijau dengan taman yang dihiasi berbagai bunga seakan memberi energi ekstra bagi pengunjung untuk menyusuri anak tangga menuju ruang pamer museum.

modernitas ditengah pedesaan (1)

Sejak dari akan memasuki gerbang masuk, berjalan menaiki anak tangga hingga memasuki museum ini, pengunjung merasakan keasrian pedesaan yang asri. Suasana asli pedesaan yang tidak banyak terdapat ditempat lain di kota disajikan untuk mengawali perjalan panjang pengunjung di museum ini. Sebuah perjalanan dalam menyusuri pengetahuan yang tidak terdapat ditempat lain. Sensasi dari Museum Lapangan Manyarejo yang memberikan suasana pedesaan ditengah kekunoan koleksi yang dipamerkan dengan sentuhan teknologi masa kini. Patut kiranya jika museum ini menjadi tujuan wisata anda bagi penikmat budaya, pengetahuan dan wisata. Disinilah dimana suasana asri pedesaan berkolaborasi bersama dengan budaya, pengetahuan dan wisata. (Wiwit Hermanto)

 

Modernitas ditengah pedesaan bagian I

Modernitas ditengah pedesaan bagian II

Modernitas ditengah pedesaan bagian III

Modernitas ditengah pedesaan bagian IV

Modernitas ditengah pedesaan bagian V

Modernitas ditengah pedesaan bagian VI

Modernitas ditengah pedesaan bagian VII

Modernitas ditengah pedesaan bagian VIII

Modernitas ditengah pedesaan bagian IX

Modernitas ditengah pedesaan bagian X

Modernitas ditengah pedesaan bagian XI

Modernitas ditengah pedesaan bagian XII