Meningkatnya Kunjungan di Museum Manusia Purba Sangiran

0
286

Kunjungan di Museum Manusia Purba Sangiran pada awal bulan Maret 2023 mengalami peningkatan. Sejak tanggal 7 Maret 2023, mulai dirasakan terjadi pengunjung dibanding sebelumnya sehingga mengakibatkan kapasitas di museum meningkat. Berdasar data yang berhasil dihimpun, data pengunjung tanggal 7-12 Maret 2023, pengunjung Museum Manusia Purba Sangiran 7.714 orang.

Pengunjung Museum Manusia Purba Sangiran sejumlah 7.714 orang didominasi oleh anak sekolah, mulai tingkat Taman Kanak-kanak/ Pendidikan Usia Dini hingga Sekolah Menengah Atas mendominasi. Sejumlah 6.036 siswa berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran guna belajar masa lalu.

Hal ini karena pihak sekolah memanfaatkan waktu untuk melakukan pembelajaran luar sekolah di museum. Pembelajaran luar sekolah ini menjadi salah satu pilihan pihak sekolah untuk memberi pendidikan  bagi para siswanya dengan belajar dari masa lalu.

Melalui belajar di museum, siswa diajak untuk mengenal masa lalu, mengenal materi pelajaran langsung di lapangan, serta menyesuaikan tema materi pembelajaran. Hal ini diutarakan oleh salah seorang guru Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan. “Kami kemari untuk mengajarkan siswa sesuai dengan tema rekreasi”, jelasnya.

Melalui museum, siswa diajak untuk mengenal tempat rekreasi di museum, memberi pemahaman secara sederhana tentang tempat yang dapat sebagai tempat rekreasi. Hal ini sesuai dengan salah fungsi museum sebagai tempat rekreasi. Melalui koleksi dan informasi dalam museum, pengunjung mendapat pengetahuan dan berwisata. Menjadi tempat rekreasi yang menarik.

Museum juga sebagai media pembelajaran bagi siswa untuk mengetahui sejarah dan seperti apa berjalannya masa lampau dari pameran yang ditampilkan di pameran museum. Materi pelajaran yang didapat di kelas dapat diaplikasikan di lapangan, melalui museum, siswa dapat mendapat berbagai pengetahuan yang mendalam.

Hal ini dilakukan oleh pihak sekolah dari Kabupaten Grobogan yang berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran. “Kami sengaja berkunjung kemari untuk memberikan peningkatan pengetahuan bagi siswa, mereka dapat membuktikan materi yang didapatnya dikelas dengan menyaksikan langsung kemari”, ungkap salah seorang guru dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Grobogan.

Peningkatan kunjungan di Museum Manusia Purba Sangiran pada tanggal 6-12 Maret 2023 yang didominasi siswa sekolah, menjadi pertanda bahwa museum mampu memberi pembelajaran. Peningkatan kunjungan di Museum Manusia Purba Sangiran ini diyakini akan berlangsung hingga 1-2 minggu ke depan. Hal ini sejalan dengan fungsi museum sebagai sumber pengetahuan sekaligus tempat rekreasi yang menarik bagi para siswa, belajar masa lalu untuk terus berbenah menggapai masa depan. (Wiwit Hermanto)