INFORMASI BAGI PUBLIK TENTANG PENYERAHAN TEMUAN FOSIL

0
800

Sangiran kembali kedatangan TATV yang bermaksud meliput kegiatan pemberian imbalan pada hari Kamis 21 April 2016 bertempat di ruang T. Jacob BPSMP Sangiran. Dengan peliputan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada publik tentang salah satu aktivitas yang dilaksanakan BPSMP Sangiran.  Publik perlu mengetahui bahwa temuan fosil yang ada di pamerkan Museum Sangiran sebagian besar merupakan penyerahan dari masyarakat. Masyarakat yang menemukan fosil diharap terus meningkatkan kesadaran mereka bahwa temuan fosil yang sering ditemukan di sekitar lahan pekarangan tegalan maupun sawah mereka merupakan titipan generasi yang akan datang.

informasi-bagi-publik

Dalam sambutannya, Sukronedi, S.Si, M.A. Kepala BPSMP Sangiran mengungkapkan bahwa sebagian besar temuan fosil yang ada di BPSMP Sangiran merupakan temuan masyarakat. Temuan fosil ini sebagian dipamerkan di museum dan sebagian di storage dan semuanya aman dan terpelihara. Temuan fosil yang baru dan dapat menjelaskan pengetahuan bagi pengunjung akan diletakkan di display temuan baru yang ada diruang pamer I (satu) Museum Manusia  Purba Sangiran Klaster Krikilan. Nama para penemu fosil akan tersimpan dalam data temuan dan ini bisa menjadi cerita bagi generasi penerus.

Penyerahan imbalan ini dilaksanakan dengan mengundang 37 orang penemu fosil dengan 552 temuan fosil. Imbalan yang diberikan pada penemu fosil diharapkan dapat menjalin dan mempererat kerjasama dengan BPSMP Sangiran. Informasi dan kerjasama yang baik dimulai dengan komunikasi yang harmonis dan pertemuan dengan penemu fosil merupakan awal dari sebuah kerjasama. Acara tersebut juga di dukung publikasi informasi melalui TATV diharap dapat menjadi pencerah bagi informasi publik. Publik perlu dan berhak tahu akan informasi tentang upaya pelestarian Situs Sangiran. (wiwit hermanto)