Serah Terima Jabatan Kepala dan Kasubag Tata Usaha BPNB Sumatera Barat

0
1762

Padang (BPNB Sumatera Barat) – Acara serah terima jabatan di lingkungan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat digelar pada Senin, 18 Januari 2016 di Gedung Aula BPNB.Serah terima dilaksanakan dari Kepala BPNB Sumatera Barat yang lama Drs. Nurmatiaskepada Kepala BPNB yang baru Jumhari, SS. Selain itu juga antara KasubBag yang lama Jumhari kepada Titit Lestari, S.Si. Acara serah terima yang dilaksanakan pada pukul 11.00 wib ini dipimpin langsung oleh Bapak Sesditjen Kebudayaan Nono Adya Supriyatno.
Rangkaian acara serah terima jabatan ini dimulai dengan menyambut kedatangan SesditjenKebudayaan dan rombongan menggunakan Gandang Tasa yang dimainkan oleh anak-anak yang ikut dalam WorkshopTalempong yang dilaksanakan oleh BPNB Sumatera Barat pada 2015.

Acara Serah Terima dilaksanakan di Aula BPNB Sumatera Barat, dimoderatori oleh Sefiani Rozalina. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indoensia Raya yang dipimpin oleh Yulia Nila.Selanjutnya pembacaan Berita Acara Serah Terima Jabatan oleh ibu Dra. Zusneli Zubir. M. Si.

Serah terima jabatan di lingkungan BPNB Sumatera Barat dilaksanakan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 020/MPK/RHS/KP/2016 Untuk pejabat administrator dan SK Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor: 021/MPK/RHS/KP/2016 sebagai pejabat pengawas.

Selesai pembacaan Berita Acara Serah Terima Jabatan, acara selanjutnya adalah Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan oleh Kepala BPNB yang Lama Drs. Nurmatias dan Kepala BPNB Sumatera Barat yang baru Jumhari, SS. Selanjutnya penandatanganan Berita Acara oleh KasubBagTata Usaha yang lama Jumhari dan KasubBag Tata Usaha yang baru Ibu Titit Lestari. Sambutan dari Sesditjen, Kesan Kepala BPNB Sumatera Barat yang lama dan sambutan dari Kepala BPNB Sumatera Barat yang baru serta Kasubag yang baru.

Pada kesempatan itu Sesditjen menyampaikan bahwa pergantian pejabat di lingkungan Ditjen Kebudayaan agar sistem pemerintahan tidak berjalan monoton. Beliau juga menyampaikan bahwa semua komponen pejabat di lingkungan Ditjen Kebudayaan sudah menjabat lama. Adayg sampai 8 tahun sehingga perlu rolling atau pergantian. Pergantian pejabat sendirin tidak bisa dimaksimalkan pada tahun pertama karena transisi pemerintahan tapi sekarang sudah bisa dilakukan.

Pak Nono juga menekankan ke depannya perlu bagi semua pihak untuk bagaimana menciptakan insan dan ekosistem. Bukan pada manusianya saja tapi keseluruhan komponen harus diintegrasikan.Beliau menekankan bahwa kita harus berusaha agar setiap kegiatan yang kita laksanakan bisa memberi inspirasi khususnya pada siswa. Contoh ketika kita memberi penghargaan kepada pelaku budaya harus dipastikan bahwa bukan hanya yg diberi penghargaan yang dapat manfaat tapi siswa juga terinspirasi karena mereka dan penghargaan yang diberikan.

Ke depannya juga, beliau menambahkan bahwa kita harus lebih banyak Support komunitas untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kebudayaan.

Drs. Nurmatias berterima kasih kepada seluruh pegawai yang telah mendukung pengabdiannya selama bertugas di BPNB Sumatera Barat sejak tahun 2004. Sejak serah terima ini beliau akan bertugas di BPCB Sumatera Barat. Namun beliau tetap berharap silaturahmi tetap terjaga dan saling tukar informasi sesuai tugas dan fungsi lembaga. Beliau juga minta maaf jika ada kesalahan selama bertugas di BPNB Sumatera Barat dan menekankan senantiasa terjaga kerjasama dan gotong royong dalam melaksanakan tugas.

Sebagai Kepala yang baru, Bapak Jumhari sadar bahwa amanah yang beliau terima saat ini adalah berkat kepercayaan dan dukungan semua pihak. Beliau juga menyadari bahwa tugas beliau sebagai Kepala sekarang ini hanyalah melanjutkan fondasi yang sudah dibangun sebelumnya oleh Kepala-kepala terdahulu. Beliau juga mengutip bahasa Ditjen Kebudayaan bahwa posisi beliau sekarang adalah berdiri di atas bahu pendahulu. Beliau menambahkan akan membawa dan melanjutkan hal-hal yang baik yang telah dibangun terdahulu.

Dalam kesempatan itu juga Kasubag memohon kepada Sesditjen untuk merestui pembangunan gedung baru untuk digunakan sebagai pusat dokumentasi dan informasi Matrilineal. Mimpi ini merupakan mimpi Kepala BPNB Sumatera Barat yang lama Drs. Nurmatias yang belum kesampaian untuk menjadikan BPNB Sumatera Barat sebagai pusat Matrilineal sesuai tugas dan fungsinya.

Yang terakhir beliau juga mengharapkan bimbingan dan dukungan kepada semua pihak demi suksesnya BPNB ke depan.

Ibu Titit Lestari sebagai Kasubag baru berharap mudah-mudahan cinta yang dimiliki semakin besar sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik. Beliau menyampaikan hal ini karena sebagai pindahan dari Aceh, beliau sudah kadung jatuh cinta dengan budaya Aceh dan Sumatera utara. Beliau sudah 18 tahun tinggal dan bertugas di BPNB Aceh. Dan sekarang dimutasikan ke BPNB Sumatera Barat. Walau tidak sama sekali baru bagi beliau karena sejak 1994 sudah mulai dikenalkan tradisi Sumatera Barat oleh suami yang memang berasal dari Sumatera Barat.

Acara Sertijab kali ini dihadiri oleh Kabag Kepegawaian, Hukum dan Tata Laksana Setditjen Kebudayaan Drs. Fitra Arda, Kepala BPNB Sumatera Barat yang lama seperti Djurip, SH, Dr. M. Nur, MS. Dekan FIB UNAND Prof. Dr. Gusti Asnan, Kepala Museum Adityawarman Ibu Novi.
Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Hariadi, SS.

TINGGALKAN KOMENTAR