RAPAT SINKRONISASI ADMINISTRASI KEUANGAN BPNB PADANG

0
1251

IMG_20150203_105510Rapat sinkronisasi Administrasi Keuangan antara Bagian Keuangan Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang dengan Satuan Tugas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dilaksanakan pada Selasa, 03 Februari 2015 di Ruang Sidang Balai Pelestarian Nilai budaya Padang. Sinkronisasi ini dimulai pukul 11.00 wib, dibuka oleh Kepala BPNB Padang Drs. Nurmatias serta dihadiri Ketua Satgas SPIP BPNB Padang Dra. Maryetti M. Hum dan tiga orang anggota, Bendahara Pengeluaran BPNB Padang Hartati Safitri dan empat orang anggota.

Rapat Sinkronisasi dilakukan untuk mengoreksi laporan keuangan pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2014. Tujuan pelaksanaan sinkronisasi dan penyelarasan keuangan ini adalah untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pengadministrasian dan pertanggungjawaban keuangan, sehingga tercipta tertib administrasi.
Pada kesempatan ini, Kepala BPNB Padang menekankan bahwa kegiatan sinkronisasi adalah proses pembelajaran bagi pegawai khususnya di bagian keuangan agar lebih teliti dalam menyusun laporan pertanggungjawaban. Disamping itu juga bisa dijadikan sebagai media silaturahmi antar pegawai, sehingga tidak perlu dianggap semacam inspeksi yang menakutkan.

“kegiatan sinkronisasi dan penyelarasan keuangan dengan SPI bertujuan untuk saling mengingatkan dan belajar bersama dalam mengelola keuangan. Sehingga ke depan, pengelolaan keuangan kita semakin baik, pertanggungjawaban keuangan dan administrasi kita juga semakin baik. Tentu sebagai manusia kita tidak terlepas dari kelemahan-kelemahan, dan dengan adanya saling megingatkan maka ke depannya kita bisa semakin baik. Ini juga bisa dikatakan sebagai media silaturahmi bagi pegawai, dimana sebagai satu keluarga bisa saling mengoreksi dan saling mengingatkan kalau ada kesalahan. Jadi, kita jangan menganggap seolah-olah SPI hanya inspeksi mendalam, tapi sebagai koreksi menghindarkan kita dari kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang terjadi” demikian Drs. Nurmatias menjelaskan.

Dengan adanya sinkronisasi dan penyelarasan keuangan ini, diharapkan kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang bisa tertib administrasi, aman dalam pertanggungjawaban dan sebisa mungkin kesalahan-kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan di masa mendatang bisa diminimalisir.

Sumber : bpnbpadang.com

– Marbun –
(BPNB Padang)