Menghibur, Revitalisasi Kesenian Tradisional Koto Panjang

0
1077

Padang Panjang (BPNB SUMBAR) – Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat pada sabtu 09 Maret 2016 menggelar kegiatan Revitalisasi Kesenian Tradisional Minangkabau atau yang disebut juga dengan Baretong di Hari Tarang di Kota Padang Panjang. Dimulai sejak pukul 20.00 Wib hingga selesai dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional Minangkabau seperti Tari, Silat dan Randai.

Kegiatan ini dilaksanakan di depan POSKAMLING RT .5 Koto Panjang Kecamatan Padang Panjang Timur. Dibuka secara langsung oleh Camat Padang Panjang Timur Bapak Albert dan dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Bapak Dalius, Kepala BPNB Sumatera Barat Jumhari, SS, KasuBBag Tata Usaha BPNB Sumbar Ibu Titit Lestari, lurah, Niniak Mamak dan Cerdik Pandai dan warga setempat yang berbondong-bondong memadati lapangan tersebut.

Dalam sambutannya Bapak Jumhari, SS mengapresiasi antusiasme masyarakat setempat untuk ikut menghadiri kegiatan Revitalisasi Kesenian Tradisional. Beliau juga menambahkan bahwa Baretong di Hari Tarang merupakan kegiatan rutin BPNB yang didasari pemikiran tradisi Minangkabau yang menampilkan kesenian-kesenian mereka pada masa bulan purnama di masa lalu. Sejak tahun 2012, Tradisi itu kemudian oleh BPNB Sumatera Barat dikemas menjadi satu Kegiatan Baretong di Hari Tarang untuk merevitalisasi kesenian-kesenian tradisional yang akhir-akhir ini semakin terkikis oleh perkembangan zaman.

Rangkaian kegiatan Baretong di Hari Tarang ini dimulai dengan pertunjukan tari persembahan yang ditampilkan oleh Sanggar Seni Deskopa. Pembacaan ayat-ayat Qur’an dan sambutan Syafri Z A Datuak Tuo. Pada kesempatan itu Datuak Tuo menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan BPNB Sumatera Barat dalam membangkitkan kesenian tradisional Minangkabau khususnya di Padang Panjang. Beliau juga berharap di masa depan kegiatan yang sama bisa terlaksana sehingga kesenian tradisional tersebut tidak hilang.

Pada kesempatan Baretong di Hari Terang kali ini BPNB Sumatera Barat menampilkan beberapa tim kesenian dengan kesenian tradisional mereka. Tim-tim tersebut antara lain Sanggar Seni Rangkoto, Sanggar Deskopa dan Silek Tuo Anak Nagari.
Penampilan kesenian dimulai dengan pertunjukan Gamaik oleh Sanggar Seni Rangkoto, Tari Pasambahan, Tari Piring, Tari Indang oleh Sanggar Seni Deskopa, Pertunjukan ‘Silek’ oleh Silek Tuo Anak Nagari Koto Panjang serta pertunjukan Randai oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Padang Panjang. Randai ini mengangkat Tema ‘Urang Mudo Nan Dilapeh ka Rantau’. Semua rangkaian kegiatan Baretong di Hari Tarang Koto Panjang ini cukup menghibur masyarakat sehingga masyarakat sangat betah hingga acara selesai.

Hartati Safitri sebagai ketua panitia berharap kegiatan ini bisa menjadi ‘Mambangkik Batang Tarandam’ dalam hal pelestarian nilai-nilai budaya tradisional di masa-masa mendatang.

-Mbn-