Lawatan Sejarah Daerah 2016

0
2155

Padang (BPNB SUMBAR) – Balai Pelestarian Nilai budaya Sumatera Barat pada Bulan April akan melaksanakan Lawatan Sejarah Daerah. Lawatan sejarah 2016 ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 5 April 2016 dan dipusatkan di Provinsi Sumatera Barat.

Lawatan Sejarah merupakan salah satu kegiatan rutin Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat yang bertujuan mengenalkan sejarah pada generasi muda serta sebagai pembelajaran bagi generasi muda lebih memahami dan bisa meneladani nilai-nilai perjuangan masyarakat kita pada masa lalu.

Pada lawatan sejarah kali ini, tema yang diangkat adalah ‘Menelusuri Jejak-jejak peninggalan Islam di Pantai Barat Sumatera Barat’. Sesuai dengan tema tersebut, dalam pelaksanaannya kegiatan ini akan mengunjungi bangunan-bangunan Islam bersejarah di empat kabupaten/kota yang ada di Pantai Barat Sumatera Barat seperti Surau Baru di Pasar Baru Padang, Masjid Ganting di Padang, Mesjid Muhammaddan di Pasar Mudik, Musium Adityawarman, Makam Syekh Burhanuddin beserta Surau Syekh Burhanuddin di Kabupaten Pariaman, Rumah Tabuik di Kota Pariaman serta Masjid Pahlawan Manggopoh di Kabupaten Agam.

Kegiatan ini melibatkan 105 orang termasuk diantaranya peserta 90 orang yang terdiri dari Siswa-siswi SMA sederajat, guru, wartawan dan delegasi pemerintahan daerah setempat. Khusus untuk peserta dari siswa-siswi SMA berasal dari tiga provinsi wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat yakni Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Rangkaian acara pada kegiatan ini akan dimulai dengan Pembukaan oleh Walikota Padang H. Mahyeldi, SP di Palanta Rumah Walikota Padang. Selanjutnya adalah pembekalan oleh Panitia, Pembekalan oleh Narasumber, Observasi dan presentasi hasil observasi peserta beserta penyerahan hadiah. Pelaksanaan rangkaian acara tersebut akan dilangsungkan selama tiga hari berturut-turut.

-Marbun-