Kajian Nilai Budaya : Pola Pewarisan Suku Bangsa Pekal di Kabupaten Bengkulu Utara (Studi Kesejahteraan Perempuan)

0
298

Tim kajian BPNB Provinsi Sumatera Barat melaksanakan pengumpulan data lapangan di Kabupaten Bengkulu Utara dari tanggal 5 sd 14 Maret 2022. Tim kajian terdiri dari Silvia Devi, Ernatip, Ferawati dan Rahma Dona.
Kegiatan diawali dengan koordinasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara, Badan Musyawarah Adat dan Pemerintahan Kecamatan Ketahun.
Proses pengumpulan data lapangan dilakukan dengan teknik observasi, studi literatur ke Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkulu Utara, Perpustakaan Universitas Ratu Samban, Perpustakaan UIN Fatmawati dan Universitas Bengkulu. Wawancara dengan orang Pekal yang meliputi perangkat desa, tokoh adat tokoh masyarakat kaum perempuan dan anak-anak penerima waris dan harta pusaka di Kabupaten Bengkulu Utara.
Melalui kajian ini diharapkan memunculkan rekomendasi kebijakan kepada Pemerintah Daerah setempat sekaitan dengan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan terhadap masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.