BPNB SUMBAR MENYAPA NAGARI KAB. AGAM

0
360

Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat, Selasa 8 Maret 2022 bertempat di ruang serbaguna Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palambayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat melaksanakan kegiatan BPNB Sumatera Barat Menyapa Nagari.
Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program/kegiatan BPNB Sumatera Barat dalam bidang pemajuan kebudayaan khususnya 10 (sepuluh) objek pemajuan kebudayaan, program pemajuan kebudayaan desa/nagari. Keselurahan kegiatan untuk mendorong pemerintah nagari untuk pemajuan kebudayaan ditingkat nagari. Kegiatan ini sejalan dengan UU nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.
Narasumber dalam kegiatan yakni Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat dengan tema Pelestarian Nilai Budaya dan Pemajuan Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, dengan tema Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, Walinagari Tigo Silungkang tentang Peran Kesenian Tradisi dalam Pemajuan Kebudayaan Berbasis Nagari, maestro dan pelaku tari Situpai Janjang Basri Budiman KT. Marajo dengan tema Eksistensi Pengembangan dan Pemanfaatan Seni Tradisi Tupai Janjang.
Peserta terdiri dari komunitas, sanggar, ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tigo Koto Silungkang, Ketua BAMUS, Karang Taruna, seniman/budayawan, pemerintah nagari, dan lainnya.
Dalam diskusi menghasilkan komitmen untuk pengembangan dan pemanfaatan potensi budaya yang ada di Nagari Tigo Koto Silungkang serta pengusulan kesenian Situpai Janjang menjadi warisan budaya takbenda nasional.