Festival Marilineal 2016 Resmi Dibuka

0
999
Penabuhan Gendang Tanda dimulainya Festival Matrilineal 2016

Sijunjung (BPNB Sumbar) –  Festival Matrilineal 2016 secara resmi dibuka. Acara pembukaan dilaksanakan pada Selasa (22/11) malam di Koto Padang Ranah, Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Pembukaan secara resmi dilakukan oleh Bupati Sijunjung Bapak Drs. H. Yuswir Arifin, MM dan ditandai dengan penabuhan gendang oleh bupati, kepala BPNB Sumbar Jumhari, SS, Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Bapak Gatot Santoso, SH, MM dan perwakilan dari Kabupaten Muko-muko.

Pembukaan oleh Bupati Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin, MM
Pembukaan oleh Bupati Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin, MM

Acara dimulai dengan pembacaan doa, laporan Kepala BPNB Sumatera Barat, Kata Sambutan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, pembukaan oleh Bupati Sijunjung dan penabuhan gendang. Diantara rangkaian acara pertunjukan, juga diselingi dengan penampilan kesenian dari sanggar-sanggar dan taman kanak-kanak setempat serta sanggar seni dari Kabupaten Muko-muko.

Penabuhan Gendang
Penabuhan Gendang

Pada kesempatan itu, Kepala BPNB Sumatera Barat menyampaikan ungkapan terima kasih kepada masyarakat Sijunjung serta pemerintah daerah yang menyambut kegiatan Festival Matrilineal dengan antusias dan membantu banyak hal demi mencapai kesuksesan acara festival ini. Beliau juga menekankan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan satu bentuk silaturahmi dan mempersatukan kita masyarakat yang memang berbeda-beda budaya.

Sementara itu bupati sijunjung juga menyampaikan terima kasihnya atas keberlangsungan acara sehingga bisa mengangkat nama Sijunjung, terlebih budayanya lebih dikenal baik secara nasional maupun internasional. Hal itu menjadi penting mengingat bahwa Koto Padang Ranah dan Tanah Bato sedang diusulkan untuk menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO dan telah masuk dalah tentative list. Beliau juga berharap kegiatan yang sama bisa berlangsung di tahun-tahun mendatang.

Pembukaan Festival Matrilineal 2016 dihadiri ratusan warga masyarakat yang memadati lokasi pertunjukan. Selain itu juga dihadiri oleh cerdik pandai, ninik mamak, alim ulama dan pejabat pemerintahan seperti perwakilan gubernur sumatera barat, bupati dan SKPD kabupaten Sijunjung.