BPNB SUMBAR Kembali Menggelar Festival Matrilineal 2016

0
1093

Sijunjung (BPNB Sumbar) – Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat kembali menggelar Festival Budaya Matrilineal 2016. Kegiatan ini digelar di Koto Padang Ranah, Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Festival akan akan berlangsung selama lima hari berturut-turut sejak 22 – 26 November 2016 dengan menampilkan beberapa grup kesenian dari berbagai provinsi yang mempunyai garis keturunan matrilineal.

festival

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua setelah tahun lalu acara yang sama sukses digelar. Pelaksanaan kegiatan ini bermaksud mendorong perkembangan dan pengetahuan sistem matrilineal serta dapat menciptakan ruang bersama bagi pelaku, pengamat dan masyarakat luas untuk melihat akar tradisi tetap menjadi sumber penting bagi proses perkembangan dan  pengetahuan sistem matrilineal.

Tujuan festival adalah meningkatkan pengetahuan tentang sistem matrilineal, membentuk forum dengan skala yang lebih luas untuk mendorong perkembangan sistem matrilineal, menciptakan even pertunjukan sebagai ruang bersama penganut system matrilineal  untuk melihat akar tradisinya dan mendorong perkampungan adat di Nagari Sijunjung menjadi warisan budaya dunia melalui UNESCO.

Pada tahun ini Festival Matrilineal akan menampilkan pertunjukan kesenian matrilineal dari berbagai daerah yang memiliki garis keturunan matrilineal. Lima provinsi akan terlibat seperti Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.