Festival Film Dokumenter Kebudayaan 2016 Tingkat SLTA

0
1892

POSTER-okPadang (BPNB Sumbar) – Banyak cara dan media yang bisa digunakan untuk mengenalkan budaya kepada generasi muda. Di tengah semakin berkurangnya ketertarikan masyarakat untuk mengenal dan mempelajari budaya lokal, maka dibutuhkan cara-cara yang menarik dan bervariasi dalam mengenalkan budaya tersebut. Sehingga, masyarakat tidak terbatas lagi hanya pada tradisi lama yang mengenalkan budaya melalui tradisi lisan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang telah memungkinkan media lain seperti media cetak melalui tradisi tulis dan audiovisual.

Pada tahun 2016, Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat mencoba mengenalkan ragam karya budaya melalui kegiatan‘Festival Film Dokumenter’. Sesuai dengan tujuannya untuk mengenalkan budaya, festival ini akan mengangkat tema-tema budaya. Jadi, kegiatan ini selain memperkenalkan peserta bagaimana cara membuat film dokumenter, juga akan mengenalkan ragam karya budaya yang akan dijadikan sebagai obyek perekaman dalam film dokumenternya.

Ketua panitia Dra. Ernatip menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kekayaan budaya secara audiovisual. Nantinya, selain pelajar berkenalan dengan berbagai karya-karya budaya, pelajar yang terlibat juga mampu menuangkan atau mendokumentasikan karya tersebut dalam bentuk audiovisual. Sehingga pengenalan karya budaya khususnya yang karya tradisional kepada masyarakat awam semakin bervariasi dan mudah untuk dipahami.

Kegiatan festival ini ditujukan kepada anak sekolahan setingkat SMA dari tiga wilayah kerja BPNB Sumatera Barat yaitu Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Peserta merupakan tim produksi yang dibentuk oleh sekolah dengan keterangan dari kepala sekolah. Masing-masing tim terdiri dari 4 (empat) orang meliputi Sutradara, Editor, Kameramen dan Penulis Skenario. Peserta mengirimkan karya kepada panitia. Bagi pelajar yang berminat untuk mengikuti kegiatan Festival Film Dokumenter dan berada di wilayah kerja BPNB Sumatera Barat bisa langsung menghubungi ketua panitia Dra. Ernatip.

-Marbun-