BPNB Sumbar Menerima Plakat dari Ikatan Kekerabatan Antropologi UNAND

0
866
Ibu Titit Lestari menerima plakat dari IKA UNAND

Padang (BPNB Sumbar) – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ibu Titit Lestari, S.Si. MP menerima plakat dari Ikatan Kekerabatan Antropologi Universitas Andalas. Penyerahan plakat dilakukan oleh Panitia Mubes I IKA Universitas Andalas pada Sabtu, 28 Januari 2017 dalam rangkaian acara Musyawarah Besar I Ikatan Kekerabatan Antropologi (IKA) Universitas Andalas di Museum Adityawarman.

Ibu Titit Lestari menerima plakat dari IKA UNAND

Musyawarah Besar Ikatan Kekerabatan Antropologi Universitas Andalas kali ini merupakan pergelaran mubes pertama yang digagas oleh beberapa kerabat dan alumni yang secara sukarela bekerja secara estafet untuk menyelenggarakan Mubes. Niat awal pelaksanaan Mubes ini adalah kondisi terkini dengan berbagai tantangan ke depan yang dihadapi dalam pembangunan. Kondisi tersebut membutuhkan cara pandang antropologis untuk mencari solusi menghadapinya. Faktanya, para pengambil kebijakan masih enggan melirik antropologi dan memanfaatkan keilmuannya dalam menghadapi tantangan yang ada.

Ke depan, menghadapi tantangan tersebut antropologi diharapkan lebih berperan dalam berbagai aktivitas-aktifitas pembangunan. Untuk itu lulusan-lulusan antropologi harus memiliki kualitas mumpuni, berintegritas sehingga dapat menjawab tantangan yang ada. Penanaman nilai-nilai dan memperkuat modal sosial juga menjadi cita-cita yang akan diraih. Selain itu melalui Mubes dan kepengurusan ke depan, selain mengukuhkan Ikatan Kekerabatan Antropologi, para lulusan antropologi juga turut berperan aktif dalam pengembangan perencanaan daerah serta pemantauan capaian pembangunan.

Dalam rangkaian acara Mubes, panitia menyerahkan plakat kepada Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat. Penyerahan plakat ini oleh panitia dimaksudkan untuk membangun kerjasama yang baik antara IKA dan BPNB Sumbar ke depan dalam berbagai kegiatan-kegiatan kebudayaan. Mendorong IKA Unand bisa menjadi mitra strategis. Turut menerima plakat dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Museum Adityawarman, Walikota Padang serta Dekan FISIP Universitas Andalas.

Foto bersama penerima plakat

Bagi BPNB Sumatera Barat, pemberian plakat tersebut menunjukkan bukti bahwa telah lama terjalin kerja sama yang erat dengan kampus, khususnya Antropologi Universitas Andalas. Kajian-kajian kebudayaan yang dikerjakan oleh BPNB Sumatera Barat tidak lepas dari kajian-kajian akademis. Sehingga kerjasama dengan kampus tidak bisa dilepaskan untuk memastikan keilmiahan kajian tersebut. Beberapa bentuk kerjasama yang dilakukan adalah menjadikan akademisi kampus sebagai narasumber dalam berbagai kegiatan seminar dan dialog. Disamping itu beberapa akademisi juga turut dilibatkan sebagai mitra bestari jurnal yang dikelola BPNB Sumatera Barat.

Kepala BPNB Sumatera Barat Bapak Suarman menyampaikan bahwa hubungan antara kampus dan UPT kebudayaan seperti BPNB sangat penting. Beliau juga menambahkan bahwa sejak beliau bertugas di BPNB Kepulauan Riau telah menjalin kerjasama dengan berbagai kampus termasuk dengan FISIP Universitas Andalas. Dan pemberian plakat tersebut adalah tepat untuk lebih meningkatkan kerjasama tersebut di masa yang akan datang.

Sukses selalu untuk Ikatan Kekerabatan Antropologi Universitas Andalas.

TINGGALKAN KOMENTAR