20 Rumah Gadang Siap Menampung Peserta Festival Matrilineal 2015

0
1863

Rumah GadangSijunjung (BPNB Padang) – 20 Rumah Gadang tradisional di Kabupaten Sijunjung siap menampung peserta Festival Matrilineal yang akan berlangsung pada 20 Oktober – 01 November 2015. Keduapuluh Rumah Gadang ini akan menampung sekitar 150 peserta dalam negeri maupun luar negeri. Selain peserta Pertunjukan kesenian, juga peserta Lomba Baju Kurung Basiba.

Perkampungan Adat Padang Ranah
Perkampungan Adat Padang Ranah

Kesiapan Rumah Gadang tersebut telah dikonfirmasi pemerintah setempat beserta Niniak Mamak dari Nagari Sijunjung. Bentuk kesiapan tersebut ditandai dengan pemenuhan kamar mandi dan air bersih untuk keperluan peserta selama menginap dalam perhelatan Festival Matrilineal.

Seperti diketahui, Festival Matrilineal 2015 yang berlangsung selama delapan hari akan menginapkan para peserta baik Tim kesenian maupun peseta Lomba Baju Kuruang Basiba di Rumah Tradisional Minangkabau (Rumah Gadang). Hal ini sekaligus untuk mengenalkan kekayaan budaya Matrilineal kepada masyarakat luas khususnya kepada peserta yang datang dari luar negeri.

Perkampungan Adat Padang Ranah
Perkampungan Adat Padang Ranah

Tim Kesenian yang akan tampil dalam Festival Matrilineal 2015 ini telah dikonfirmasi oleh dua peserta luar negeri yaitu Thailand dan Malaysia dan enam peserta dalam negeri. Semua peserta ini merupakan suku bangsa yang menganut system matrilineal.

Selain mengenalkan karya-karya budaya Matrilineal bagi masyarakat luas, tujuan menginapkan para peserta di rumah tradisional adalah untuk mengenalkan kehidupan social maupun tradisi dan nilai budayanya. Selama perhelatan, para peserta juga akan disuguhi makanan tradisional sebagaimana makanan kebiasaan masyarakat setempat. Para peserta akan dilayani di masing-masing rumah tempat peserta menginap oleh keluarga pemilik rumah. Dengan demikian para peserta akan secara langsung merasakan bagaimana pola kehidupan Matrilineal yang ada di Sumatera Barat.

Harapannya dengan kegiatan ini akan mendorong karya-karya budaya Matrilineal, baik konstruksi bangunan, kesenian, kuliner, pakaian dan sebagainya lebih dikenal baik secara nasional maupun secara internasional.

-Mbn-