WORKSHOP PENGEMBANGAN TIFA DAN PARADE LIMA RAJA TIFA DI KABUPATEN MERAUKE

0
998
Sambutan Kepala BPNB Papua Saat Pembukaan Workshop Pengembangan Tifa di kabupaten Merauke.

Jayapura. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua pada tanggal 13-16 Juni 2019 di Hotel Itese Jl. Mandala Bambu Pemali Kota Merauke menyelenggarakan Workshop Pengembangan Tifa. Kegiatan ini mengambil tema “Membangun Sinergi Pengembangan Tifa di Kabupaten Merauke” dan  dilaksanakan sebagai tindak lanjut upaya pelestarian tifa yang difasilitasi BPNB Papua yang mana Tifa telah teregister dan ditetapkan sebagai  warisan budaya nasional masyarakat di tanah Papua.

Kegiatan yang diikuti oleh pelaku budaya dari komunitas masyarakat di Merauke ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke Thiasoni Betaubun, S.Sos,M.Si yang didampingi Kepala BPNB Papua Dessy Polla Usmany,SS dan tamu undangan dari Kodim 1707 Merauke dan Polres Merauke. Setelah Kepala BPNB Papua menyampaikan sambutan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Thiasoni Betaubun memberi sambutan dan membuka Workshop. Dalam sambutannya secara garis besar beliau menyampaikan tifa sebagai produk budaya masyarakat pemilik perlu ada kemauan dan keinginan untuk terus dikembangkan atau diangkat  dan pemerintah sebagai fasilitator agar tifa di Merauke dan juga beragam tifa yang berbeda di tujuh wilayah adat di tanah Papua  lebih dikenal seperti ukiran Asmat dan Noken.

Setelah acara pembukaan di hari pertama, workshop dilanjutkan dengan pemaparan materi  dari beberapa  narasumber seperti DR.AE.Dumatubun M.Si dari Antropologi Universitas Cenderawasih yang memaparkan materi tentang upaya pengembangan,pemanfaatan dan pelestarian tifa (kandara) dan pemaparan materi oleh Kepala Bappeda kabupaten Merauke, Ir.Yus E.Sianturi,Msi dan Isaias Ndiken Ketua Dewan Kesenian kabupaten Merauke. Penyampaian materi yang di lanjutkan dengan sesi tanya jawab ini  dipandu oleh moderator Cahya Putra Istuningrat,SE yang juga menjabat Kasubbag Tata Usaha BPNB Papua.

Workshop yang berlansung selama empat hari ini dilaksanakan bertepatan dengan ivent tahunan Parade Lima Raja Tifa yang dibuka oleh Sekda Kabupaten Merauke Drs, Daniel Pauta  yang selanjutnya melepas tim peserta parade dari tugu Libra menuju taman Mandala Kota Merauke.

Salah Satu Tim Peserta Parade Lima Raja Tifa,
Atraksi Peserta Saat Parade Lima Tifa Raja.